Home INDEX Menara Miring Shanghai China Saingi Menara Pisa Italia

Menara Miring Shanghai China Saingi Menara Pisa Italia

0
3199

SHANGHAI, test.test.bisniswisata.co.id: Menyebut menara miring, Menara Pisa di Italia selalu jadi nama pertama yang disebut. Namun siapa sangka, di dunia menara miring yang juga peninggalan sejarah masa lampau juga ada di Shanghai, China.

Berusia 1000 tahun, menara di Gunung Tianmashan, Shanghai itu dibangun pada 1079 selama Dinasti Song Utara (960-1127). Memiliki tujuh tingkat dan tingginya sekitar 20 meter, menara itu adalah tempat penyimpnan arca Buddha. Menara itu awalnya berdiri dengan megah, namun serangkaian peristiwa di masa lampau membuat menara itu hanya meninggalkan menara batu.

Menara itu mulai miring ke arah tenggara pada sudut 6.51 derajat pada tahun 1982. Puncak menara miring secara horisontal sepanjang 2,27 meter. Sebuah survei baru mencatat kemiringan menara itu kini lebih dari 7.10 derajat.

Ruan Yisan, seorang profesor tata ruang kota di Tongji University, mengatakan menara itu memiliki sejarah hampir 1.000 tahun dan merupakan akar budaya dari Shanghai, dan layak perlindungan yang lebih baik.

Li Kongsan, seorang pejabat di Biro warisan budaya Shanghai, mengatakan pemerintah kota memeriksa menara itu dua kali setahun dan bahwa kemiringan menara itu selalu diperiksa. ” Bagian utama tidak rusak tapi eksterior memburuk dan retak. Dinding luar menara akan menjalani perbaikan di semester kedua tahun ini, “Tukas Li seperti dilansir dari China Daily, Minggu, (07/06/2015).

Seorang pejabat pariwisata di China mengklaim kemiringan dan usia menara itu sudah jauh meninggalkan Menara Pisa. Menara ini terdaftar sebagai peninggalan budaya oleh pemerintah Shanghai pada tahun 1983. Para ahli percaya kemiringan menara disebabkan oleh pondasinya yang duduk pada dua permukaan yang berbeda – satu sisi adalah pada batuan gunung dan sisi lainnya pada batu ballast . (redaksitest.test.bisniswisata.co.id).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.