Memperkenalkan Budaya Sejak Dini Lewat Botol Susu Motif Batik

0
676

Iwet Ramadhan dan Anis Dwinastiti memperlihatkan motif kain batik yang diaplikasikan ke botol susu.

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Memperkenalkan kebudayaan negeri pada anak sejak dini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya lewat botol susu bayi dan anak bermotif batik seperti yang dilakukan oleh Pigeon.

Manajemennya menggandeng Iwet Ramadhan, desainer yang juga dikenal sebagai pelestari batik, untuk mendesain motif batik di atas susu botol bayi dan anak.Ada lima motif batik baru yang menghiasi setiap botol susu koleksi spesial batik. Yaitu motif gajah, rusa, harimau, truntum dan kaung. Anis Dwinastiti, General Manager Marketing Division Pigeon menuturkan kelima desain terbaru motif batik Pigeon ini ada artinya.

Menurut dia, gajah merupakan simbol ilmu pengetahuan, serta dijadikan simbol kekuatan dan ketangguhan. Sedangkan rusa sebagai simbol kesuksesan, daya tahan dan keanggunan. Harimau untuk perlindungan anak-anak, kegagahan dan kekuatan. Sementara truntum sebagai simbol dari cinta yang tumbuh dan berkembang, dan karung barasal dari kata suwung berarti kosong.

“Kosong merupakan simbol dari kenetralan jiwa dan pikiran, serta tingkat pengendalian diri yang tinggi,” kata Anis saat memperkenal motif batik baru botol susu tersebut, yang diberi tema InspirASI Karya Anak Bangsa untuk Ibu dan Buah Hati, di Restoran Seribu Rasa, Jakarta, Kamis (29/9).

Anis menjelaskan pihaknya terus berkomitmen untuk melestarikan warisan budaya nenek moyang ini. Apalagi batik telah diakui oleh dunia sebagai warisan milik Indonesia, dan resmi ditetapkan oleh Unesco sebagai Masterpiece of the Oral and Intangigble Heritage of Humanity (warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi).

“Saya sangat mengapriasi keingingan dan komitmen Pigeon untuk menuangkan motif batik dalam produk botol susunya. Ini merupakan bagian dari pelestarian warisan nenek moyang. Pigeon selalu mendukung pemberian ASI eksklusif, dengan meluncurkan berbagai inovasi produknya,” ujar Iwet Ramadhan.

Selain membuat botol susu bermotif batik, perusahaan yang berpusat di Jepang ini juga meluncurkan Kain Batik Motif Tematik. “Ini merupakan sumbangsih nyata kami bagi pelestarian batik di Tanah Air ini,” ungkap Anis Dwinastiti. (bundayoely@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.