Membludak, Wisatawan Serbu Pulau Karimunjawa

0
953
Pulau Karimunjawa (Foto: detik.com)

JEPARA, test.test.bisniswisata.co.id: Jadwal keberangkatan kapal motor penumpang yang melayani jasa penyeberangan dari Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, menuju Pulau Karimunjawa ditambah menyusul membludaknya jumlah wisatawan yang hendak berlibur ke Karimunjawa.

“Awalnya, jadwal keberangkatan kapal penyeberangan ke Karimunjawa untuk Express Bahari hanya empat kali keberangkatan dari Pelabuhan Jepara menuju Karimunjawa, kini bertambah,” kata Kepala Bidang Perhubungan Laut Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Jepara Sutana di Jepara, Rabu (4/5/2016).

Biasanya, kata dia, jadwal keberangkatan kapal cepat tersebut menuju Karimunjawa setiap Senin, Selasa, Jumat, dan Sabtu, sedangkan dari Karimunjawa menuju Jepara setiap Senin, Rabu, Sabtu dan Minggu.

Sementara penambahan jadwal keberangkatannya, kata dia, pada Rabu sekali keberangkatan dan Kamis dua kali keberangkatan.

Adapun kapasitas penumpang untuk Kapal Motor Penumpang (KMP) Siginjai, kata dia, sebanyak 260 penumpang, sedangkan Expres Bahari sebanyak 410 penumpang.

Untuk jadwal keberangkatan KMP Siginjai dari Pelabuhan Kartini Jepara, yakni pada hari Senin, Rabu, Jumat dan Sabtu, sedangkan dari Karimunjawa, yakni Selasa, Kamis, Jumat dan Minggu.

Membludaknya calon penumpang yang hendak melakukan liburan ke Karimunjawa tanpa mendapatkan informasi lebih soal pembelian tiket, kata dia, membuat banyak penumpang yang datang langsung ke Pelabuhan Jepara tidak bisa membeli tiket karena habis dipesan.

Ia memperkirakan, banyak calon penumpang yang membeli tiket via “online”, sehingga wisatawan yang belum memesan tidak mendapatkan tiket.

Untuk mengatasi banyaknya calon penumpang yang hendak berwisata ke Karimunjawa tidak mendapatkan tiket, akhirnya jadwal keberangkatan kapal ditambah, khususnya Express Bahari.

Saat ini, tidak ada lagi calon penumpang yang menunggu di pelabuhan karena sudah terangkut kapal, baik Si Ginjai maupun Express Bahari, paparnya.

Liburan panjang akhir pekan ini, kata dia seperti diunduh laman Antara, memang didukung dengan cuaca Laut Jepara yang cukup baik, karena ketinggian gelombang laut kurang dari 1 meter, sedangkan kecepatan angin sekitar 15-an knot. (*/AN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.