Masyarakat Puji Aksi Cepat Perusahaan Transportasi Berbasis Aplikasi

0
738
Pengemudi GoJek siap menjemput meski di luar area evakuasi paska teror bom di Jakarta, Kamis 14/1/2016. (foto: HSS)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Reaksi cepat dan tanggap perusahaan transportasi berbasis aplikasi seperti GrabTaxi, GrabBike, GoJek Ride dan Uber Taxi yang memberikan layanan gratis paska ledakan bom di kawasan Sarinah Thamrin sepanjang hari ini mendapatkan respon positif dari masyarakat.

“Waktu menonton tayangan teror bom lewat TV sudah terpikir bagaimana cara pulang nanti. Akhirnya saya pesan Uber Taxi dan biasanya dari kantor di Wisma Indocement, Dukuh Atas ke kawasan Cinere tarifnya Rp 82.500 tapi ternyata tadi Rp 0 alias gratis,” kata Euis Akmalia Ibrahim, salah satu seketaris perusahaan..

Selain jalanan sepi dan lancar, dia merasa nyaman atas layanan taxi berbasis aplikasi yang dapat datang dalam hitungan menit sehingga naluri untuk segera berkumpul dengan keluarga di rumah terwujud. Sebagai rasa terima kasihnya sesampai di rumah dia menyelipkan tips sebesar Rp 20.000 bagi sang supir.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Tari Sucipto yang tengah mengadakan pertemuan sambil makan siang dipusat kuliner Let’s Eat di Jl Paso, Ragunan, Jakarta Selatan. Mengaku baru mengetahui teror bom dari tayangan di televisi, Tari yang harus melanjutkan ke pertemuan lainnya di kawasan Kemanggisan langsung order Gojek.

“Semula saya pikir akan susah memesan GoJek dari Ragunan dengan tujuan ke arah Kemanggisan. Ternyata pesanan lima menit kemudian datang dan sipengemudi mengatakan biayamya gratis,” kata Tari Sucipto.

Dia mengacungi dua jempol atas layanan Gojek ini karena pesanan bukan dari daerah yang menjadi area teror bom. Pesanannya dari Selatan Jakarta justru melewati Palmerah yang masuk dalam daftar rute rawan bom.

“Pengendara GoJeknya menenangkan saya untuk menghindari jalan-jalan utama dan dia tahu jalan alternatif untuk mengantar saya,” kata Tari yang tidak lupa juga memberikan tips pada pengemudi setelah sampai di tujuan,” kata Tari Sucipto .

Aksi dan Reaksi cepat memang diberikan oleh pendiri dan CEO Gojek Nadiem Makarim yang dalam surat terbukanya lewat email mengatakan, semua pengemudi Gojek siap membantu untuk membutuhkan pertolongan di masa yang kritis ini.

“Warga jakarta yang tercinta,tragedi siang ini di ibukota kita mengoncang negara kami. Keamanan anda adalah prioritas kami. Kami harap semua warga Jakarta tetap aman dan waspada,” tulisnya.

Untuk mempermudah evakuasi ke lokasi yang lebih aman , kami akan menyediakan transportasi GRATIS hari ini bagi pengguna GO-RIDE di wilayah JABODETABEK.
Marilah kita berdoa untuk ibukota tercinta, kata Nadiem Makarim.

Sebelumnya diberitakan, tiga ledakan terjadi di Jalan MH Thamrin, depan Sarinah, Jakarta Pusat. Ledakan pertama terjadi di Starbucks cafe, samping Gedung Starbucks, kedua di Pos Polisi depan Sarinah, dan ketiga ledakan bom bunuh diri dekat pos polisi.

Saat kejadian berlangsung, seorang pengendara GoJek juga melakukan aksi heroic membantu seorang wanita yang kakinya terluka akibat ledakan dengan menjemput sang wanita di seberang jalan dan memapahnya ke tempat yang aman.

Untuk membantu proses evakuasi dan transportasi ke lokasi aman, Grab Taxi dan GrabBike juga tidak ketinggalan. “kami menyediakan tumpangan Gratis untuk seluruh area Jakarta, tanpa pakai kode promo,” menurut akun twitter resmi mereka, @GrabTaxiID, Kamis (14/1/2016). Selain itu, GrabTaxi juga menyatakan turut berbela sungkawa kepada seluruh korban peledakan di dekat Sarinah.

Tumpangan gratis ini tidak hanya berlaku di Jakarta melainkan juga Tangerang Selatan yang terkena dampak pengeboman.GrabTaxi membatasi tumpangan gratisnya hingga tarif maksimal Rp 50 ribu. Layanan ojek online dari GrabTaxi yang disebut GrabBike juga gratis.

Reaksi cepat tanggap kalangan pengusaha transportasi berbasis aplikasi Android dan IOS ini yang jelas telah berkonstribusi besar bagi karyawan dan masyarakat umum lainnya untuk bisa pulang dengan aman dan nyaman hingga di depan rumah, kata Euis Akmalia Ibrahim. (hildasabri@yahoo.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here