Maret 2016, Grafik Kunjungan Wisman ke Sulsel Naik

0
762
Wisman ke Toraja Sulsel (foto: tempo.co)

MAKASSAR, test.test.bisniswisata.co.id: Grafik kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sulawesi Selatan melalui pintu masuk Makassar pada Maret 2016, naik 34,7% atau mancapai 1.180 orang dibanding jumlah wisman pada Februari 2016 cuma 876 orang.

“Angka ini cukup bagus karena ada peningkatan jumlah wisman yang berwisata ke Sulsel.Ya kami harapkan ke depan ada kenaikan lagi,” harap Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel Nursam Salam di Makassar, Sabtu (7/5/2016).

Ada lima negara yang menjadi penyumbang wisman terbesar ke Sulsel, berasal dari Asia Tenggara seperti Malaysia dan Singapura, Amerika Serikat, Jerman dan Belanda dari Eropa.

Jumlah turis asing dari lima negara ini, berjumlah 933 orang atau sekitar 79,07% dari total wisman yang masuk melalui pintu masuk Makassar. “Wisman dari lima negara itu yang menjadi penyumbang besar untuk bulan Maretnya. Kalau melihat persentasenya itu hampir 80%. Sedangkan negara-negara lainnya itu tidak cukup banyak,” katanya.

Kenaikan jumlah wisman, kata dia, juga berdampak pada Tingkat Penghuni Kamar (TPK) di sejumlah hotel berbintang di Makassar, Sulsel pada Maret ini. “Pada Maret mencapai 40,65% atau naik 4,41% dibanding TPK Februari lalu yang hanya 36,24%,” terangnya.

Data BPS Sulsel, pada Maret tahun ini, TPK hotel untuk semua klasifikasi kecuali bintang satu dan empat mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan TPK di bulan sebelumnya.

Kenaikan TPK tertinggi terjadi pada hotel bintang loma sebanyak 19,95%, sementara penurunan terbesar dialami hotel bintang satu yaitu 18,34%.

Dari seluruh tamu hotel berbintang di Sulawesi Selatan rata-rata lama menginap mencapai 1,48 hari atau turun 0,3 hari pada bulan Maret jika dibandingkan rata-rata lama menginap pada Februari.

“Secara keseluruhan rata-rata lama menginap tamu Asing dan tamu domestik pada Maret lalu yaitu 2,78 hari dan 1,42 hari,” sebut Nursam Salam. (*/AN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.