Manjakan Wisatawan, Pulau Payung Dipasang Internet

0
891
Pulau Payung Kepulauan Seribu (Foto: travel.kompas.com)

KEPULAUAN SERIBU, bisniswisata.co.id: Pariwisata Kepulauan Seribu DKI Jakarta kian bergairah. Satu persatu pulau di Kepulauan Seribu disambangi wisatawan. Sebut saja Pulau Tidung, Pulau Bidadari, Pulau Ounrust, Pulau Untung Jawa, namanya sudah ngetrend di kalangan wisatawan. Nah kini mulia dikembangkan Pulau Payung. Memang namnya masih belum familiar. Padahal, pulau Payung berada di utara Ibu Kota.

Pulau Payung merupakan satu dari empat pulau yang termasuk Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Seribu Selatan. Ada dua nama Payung, yakni Pulau Payung Besar dan Pulau Payung Kecil. Hanya Payung Besar yang dihuni warga.

Letak pulau ini dekat dengan Pulau Tidung yang menjadi salah satu pulau paling banyak dikunjungi wisatawan. Jaraknya bisa ditempuh 20 menit dari Pulau Tidung dengan menggunakan perahu motor. Meski tidak terlalu besar, pulau ini menawarkan keindahan pantai perairan warna hijau dan biru bahkan alam bawah lautnya juga luar biasa. Tak hanya bisa disaksikan dari atas pantai, keindahan ini juga bisa dilihat dari udara.

Memang Pengunjung Pulau Payung belum sebanyak pulau tetangga, Pulau Tidung. Namun, pulau ini selalu dikunjungi wisatawan setiap akhir pekan. Daya tarik dari pulau berpenduduk kurang dari 200 jiwa ini melihat sunrise, sunset, dan menyelami keindahan bawah lautnya.

Pulau yang memiliki luas wilayah sekitar 20 hektar ini hanya sepertiga wilayah yang digunakan untuk permukiman warga. Permukiman warga diapit dengan tanah yang sudah dimiliki orang dari luar pulau ini, dan sebagian tanah dipakai untuk membuat vila. Juga tanah di Pulau Payung bisa didirikan tenda untuk camping.

Meskipun ada vila di pulau ini, dampak kunjungan wisatawan belum sepenuhnya dirasakan warga yang bermukim di Payung. Pada akhir pekan atau hari libur, ada kalanya terdapat wisatawan yang sekadar singgah atau bermalam di pulau ini. Namun, jumlah wisatawan tidak membeludak seperti di pulau lainnya di Kepulauan Seribu.

Mengingat, Pulau Payung semakin dibanjiri wisatawan, Suku Dinas Komunikasi Informatika dan Kehumasan Kepulauan Seribu memasang jaringan internet untuk Pulau Payung, Kelurahan Pulau Tidung untuk memanjakan wisatawan sekaligus memenuhi kebutuhan administrasi guru.

“Pulau Payung belum ada jaringan internetnya, makanya kita pasang untuk kebutuhan absensi guru dan penghitungan TKD guru di SDN 04 Pulau Payung,” ujar Yulianto, Kasie IT Sudin Kominfomas Kepulauan Seribu, Rabu (30/11).

Menurut Yulianto, pihaknya mengambil koneksi dari Kelurahan Pulau Tidung dengan kebutuhan 2-3 Mbps. “Selama ini absensi dilakukan secara manual yang disetorkan ke Sudin Pendidikan. Dengan adanya jaringan mudah-mudahan bisa membantu meringankan proses administrasinya, juga diharapkan wisatawan semakin banyak mengunjunginya sehingga aktivitas ekonomi masyarakat kian bergeliat,” tandasnya. (*/end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.