Manjakan Wisatawan, KBS Ajak Tur Satwa Gratis

0
670
KBS DIPADATI PENGUNJUNG (foto: http://beritadaerah.co.id)

SURABAYA, test.test.bisniswisata.co.id: BERBAGAI modus dilakukan pihak Kebun Binatang Surabaya (KBS) untuk menarik sekaligus memanjakan wisatawan yang datang sepanjang libur Natal sampai akhir tahun 2015. Satu di antaranya menyiapkan acara seperti tur gratis untuk empat titik area satwa yang ada di KBS yakni area Avez, area Afrika, area primata, dan area karnival.

Staff Komunikasi KBS Veronica Lano mengatakan, bagi pengunjung yang ingin masuk ke empat titik tersebut tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Empat titik area satwa tersebut dibuka mulai 24 Desember 2015 hingga 3 Januari 2016 mendatang.

“Tetapi khusus di empat titik area satwa itu kami batasi waktunya, dibuka mulai pukul 10.00 WIB dan akan ditutup pukul 10.15 WIB. Jadi durasi waktunya sangat minim sekali,” kata Veronica di KBS Surabaya, Jumat (26/12/2015).

Terbatasnya waktu di empat titik area satwa, guna mengantisipasi adanya hal-hal tak diinginkan. Sebab, petugas berjaga sangat minim, yakni satu orang pendamping dan satu orang kiper. “Kami masih baru di sini (di KBS), jadi kami coba mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan seperti tahun 2014 lalu,” kata dia.

Tahun 2014 silam pihak KBS kehilangan seekor jerapah. Hewan berbadan tinggi berkepala panjang ini tewas setelah diketahui di dalam perutnya terdapat banyak plastik yang diduga akibat pengunjung memberikan makan satwa sembarangan.

Meski demikian, kata dia, pihaknya juga menyiapkan acara lainnya seperti reog, kesenian jalanan oleh Sanggar Alang-alang, hingga campur sari. Acara ini sejalan dengan tema KBS yaitu ‘Semarak Liburan Akhir Tahun, Lestarikan Satwa dan Budaya Tradisional’. “Tema ini bertujuan untuk menjaga satwa dan tradisi budaya kita,” terangnya.

Masyarakat agar menjaga ketertiban dan kebersihan selama berlibur di KBS. Pengunjung juga dilarang memberi makan satwa sembarangan, guna keamanan dan kenyamanan satwa. Untuk menjaga keamanan, pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian, Satpol PP dan petugas keamanan internal.(*/m)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here