Makanan Tradisional Bali Jadi Menu Favorit Hotel Berbintang

0
5369
Kuliner tradisional Bali

DENPASAR, test.test.bisniswisata.co.id: Meski didominasi hotel berbintang skala internasional, namun soal menu makanan tetap mempertahankan makanan tradisional Bali. Lebih menggembirakan lagi, kian banyak kuliner tradisional khas Bali masuk dalam menu favorit restoran dan hotel berbintang internasional di Pulau Dewata.

“Masakan khas Bali yang cukup beragam tersebar di delapan kabupaten dan satu kota di Bali, kini sudah mampu menjadi menu favorit, baik di restoran maupun di hotel,” jelas Ketua Badan Pengurus Daerah Indonesia Chef Association (ICA) Bali Komang Adi Arsana di sela acara Competition Professional Chef di Denpasar, Selasa kemarin.

Dilanjutkan, perkembangan makanan Bali sangat beragam yang saat ini telah masuk ke ranah restoran dan hotel melati hingga berbintang, seperti sate lilit, bebek betutu, gerangasem, bubur Mengguh, Srombotan, lawar, sate plencing, tum ayam, tipat blayaq dan lainnya.

Melalui Competition Professional Chef bertajuk Balinese Rijstafel Cooking Competition tersebut bisa menjadi langkah nyata insan profesional asosiasi profesi yang menunjukkan kepada masyarakat, bahwa menu makanan tetap mempertahankan khasanah budaya kuliner Bali.

“Dengan kompetisi, kami mengajak semua masyarakat untuk mengenal masakan khas Bali. Sebab di Bali sendiri memiliki beragam makanan, bahkan masing-masing kabupaten dan kota memiliki ciri khas,” ujar dia.

Menurut dia, langkah tersebut berkaitan kehadiran wisatawan ke Bali yang juga ingin mengetahui keberadaan kuliner khas Bali, serta melalui lomba tersebut harapannya mampu menjadi inspirasi para juru masak profesional dalam membuat menu di tempat kerja mereka masing-masing. (*/ndy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.