Mahasiswa UNIB Bikin Aplikasi Promosi Wisata Bengkulu

0
768
Aplikasi wisata

BENGKULU, Bisniswisata.co.id: Sejumlah mahasiswa Universitas Bengkulu (UNIB) menciptakan aplikasi yang bisa membantu promosi wisata Bengkulu. Aplikasi itu diberi nama Bengkulu Storyline With Augmented Reality (BESAR). Dalam aplikasi itu, masyarakat dapat melihat bangunan bersejarah di Bengkulu dengan teknologi 3 Dimensi (3D).

Aplikasi yang diciptakan Adi Yulianto, Tommy Alexander Tambunan, MS Okriyanto, dan Fifi Sulastri itu akan memberikan rincian bangunan bersejarah sebelum melihat yang aslinya. “Dengan adanya aplikasi ini, kami berharap bisa mempromosikan wisata yang ada di Bengkulu,” kata Adi, seperti diunduh laman bengkuluekspress.com,

BESAR bisa dengan mudah didapatkan masyarakat. Para pengguna ponsel pintar bisa mengunduhnya di website yaitu besarpkmt.wixsite.com. Setelah itu, ikuti petunjuk yang tersedia dan mulai memasangnya. “Itu website yang bisa dibuka untuk mendapatkan aplikasi yang kami buat,” tambah Adi.

Setelah berhasil dipasang, kamera ponsel pintar itu akan aktif secara otomatis. Selanjutnya, kamera langsung diarahkan ke gambar atau brosur bangunan bersejarah yang ada dalam website. Saat ini, gambar yang tersedia baru empat buah, yaitu Masjid Jami, Benteng Marlborough, Tugu Thomas Parr, dan Rumah Pengasingan Sukarno.

Pengguna BESAR bisa melihat secara detail bentuk bangunan, baik dari luar maupun dalam bangunan. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa mengetahui sejarah bangunan dan informasi lainnya. Pengguna hanya perlu menekan lambang yang ada dalam aplikasi.

Meski baru empat bangunan, Adi dan kawan-kawan mengungkapkan, dengan aplikasi ini masyarakat tidak perlu lagi melihat dengan gambar yang telah dibuat, melainkan ketika berkunjung dan mengarahkan kamera pada bangunan tersebut, secara otomatis akan mendapatkan informasi gedung yang sedang diambil.

Bisniswisata.co.id mencatat di wilayah Bengkulu tercatat ada 32 destinasi wisata mulai wisata alam, pantai, sejarah, kuliner, danau, sungai, bahari juga wisata bunga Raflesia yang terkenal di penjuru dunia. Provinsi ini terletak di pesisir barat Pulau Sumatera dan langsung berhadapan dengan Samudra Hindia.

Bengkulu juga menjadi salah satu kota bersejarah pahlawan kita dalam memperebutkan kemerdekaan Indonesia. Di kota ini dulu dijadikan sebagai tempat pembuangan sejumlah aktivis perjuangan kemerdekaan seperti Bung Karno yang diasingkan dari tahun 1938-1941. Di tempat ini pula Bung Karno (presiden pertama negara Indonesia) berkenalan dengan ibu Fatmawati yang kemudian menjadi istrinya.

Lima destinasi Wisata Bengkulu yang paling hits banyak dikunjungi adalah

01. Pantai Tapak Paderi, Pantai Panjang, Pantai Jakat

Wisata kota Bengkulu yang pertama adalah Pantai. Karena memang lokasi kota Bengkulu dikelilingi pantai. Ada Pantai Tapak Paderi yang terhubung dengan Pantai Panjang dan Pantai Jakat. Pantai ini awal mulanya adalah sebuah pusat pelabuhan laut pertama di Bengkulu sekaligus sebagai penunjang transportasi laut pada masa pemerintahan Inggris di Bengkulu yang hanya berjarak sekitar 100 meter dari wisata Bengkulu Benteng Marlborough.

Keindahan lainnya yang menjadi daya tarik pantai ini adalah di sepanjang bibir pantai ditanam pohon cemara dan pohon pinus yang tumbuh menghijau. Pasir putih yang halus terasa nyaman saat anda berjalan menyusuri pinggir pantai ini. Berolah raga di objek wisata di Bengkulu ini sangat menyenangkan karena di sepanjang pantai terdapat jogging trek.

02. Pulau-tikus

Pulau Tikus bagian dari tempat wisata di Bengkulu Kota, berupa sebuah pulau kecil dengan memiliki luas lahan sekitar 1,5 hektar. Sebuah pulau yang ada di Bengkulu ini di kelilingi oleh terumbu karang yang luas. Pulau ini letaknya 10 kilometer dari arah barat kota Bengkulu. Pulau Tikus adalah sebuah pulau yang berhubungan langsung dengan Samudra Hindia. Wisata Bengkulu Pulau Tikus ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Dengan suguhan panorama yang indah, air laut yang jernih, dan ketinggalan pengunjung dapat melakukan kegiatan snorkel untuk melihat pesona terumbu karang dengan hiasan ikan-ikan laut dengan berbagai warna yang akan membuat suasana liburan anda lebih berkesan.

03. Bukit Kaba

Bukit Kaba adalah sebuah tempat wisata di Bengkulu yang letaknya di Desa Sumber Urip, kecamatan Selupuh Urip, Kecamatan Selupuh Rejang, Kabupaten Rejang Lebong. Bukit Kaba merupakan sebuah gunung aktif tipe A yang pernah meletus pada tahun 1600 sampai sekarang. Gunung ini memiliki ketinggian hingga 1.952 meter dari permukaan air laut. Gunung Laba atau yang lebih akrab disapa masyarakat di daerah sini Bukit Laba ini memiliki 8 kawah, akan tetapi 5 diantaranya tertutup vegetasi. Tempat wisata yang satu ini menyuguhkan panorama keindahan alam yang menghijau. Untuk dapat mencapai puncak Bukit Laba, anda harus dapat mencapai 307 anak tangga. Sehingga kami himbau agar anda membawa bekal minuman dan siapkan stamina sebelum menaiki anak tangga ini karena akan sedikit melelahkan.

04. Danau Mas Harun Bastari

Danau Mas Harun Bastari terletak di Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong. Jaraknya sekitar 17 kilometer dari pusat Kota Curup dan berada di pinggir jalan raya antara Curup – Lubuk Linggau. Lokasinya yang dekat dengan Bukit Kaba membuat daerah ini juga menjadi salah satu tempat wisata menarik di Bengkulu yang sayang jika terlewatkan.

05. Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu

Ir. Soekarno atau yang mendapat sebutan Bapak Proklamator mendiami rumah ini pada tahun 1938 – 1942. Di Bengkulu bung Karno bertemu dengan istrinya Ibu Fatmawati (sang penjahit bendera Merah Putih yang dikibarkan pada tanggal 17 Agustus 1945). Untuk mengenang tempat bersejarah ini, pemerintah setempat menjadikan tempat ini sebagai objek wisata yang menyimpan benda-benda bersejarah peninggalan bung Karno. Ada sepeda ontel kesayang beliau, buku koleksi, hingga surat cinta Bung Karno untuk Ibu Fatmawati. Awalnya rumah ini milik pengusaha Tionghoa bernama Tang Eng Cian yang disewa Belanda untuk menempatkan bung Karno di rumah tersebut selama di asingkan di Bengkulu. (*/BBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.