Mafia Sisilia Jadi Daya Tarik Wisata Italia

0
1541

ITALIA, test.test.bisniswisata.co.id: Tak bisa dipungkiri, nama-nama mafia Italia ternama seperti Al Capone, Vito Corleone dan Tony Soprano, memang sangat akrab di telinga publik. Kehidupan mafia pun selalu memancing rasa penasaran sekaligus keinginan tahuan.

Dikenal kejam dan sadis pada musuhnya, loyalitas keluarga yang kuat, mafia Sisilia bisa dibilang adalah sosok ikonik. Hal ini ternyata memancing wisatawan mancanegara mendatangi Sisilia, agar mendapat kesan nyata dari kehidupan kelam seorang mafia.

Agen perjalanan wisata setempat pun telah lama memanfaatkan daya tarik ini. Mereka menawarkan jalur wisata untuk melihat lokasi di mana film The Godfather dibuat. Demikian dilansir laman Daily Mail, Minggu (28/6/2015).

Seperti desa bukit Savoca, dekat Taormina. Ini merupakan latar tempat kisah asmara Michael Corleone (Al Pacino) pada istri pertamanya, Apollonia. Jalur wisata “mafia” tak selesai sampai di situ, bagi mereka yang ingin melihat kehidupan nyata seorang mafia.

Beberapa operator tur, seperti Sisilia-Tour, bahkan menunjukkan pengunjung di sekitar lokasi kegiatan mafia di Palermo, Corleone dan Siracusa. Salah satu yang banyak membuat penasaran adalah lokasi napak tilas kehidupan mafia Bernardo Provenzano. Namanya bukan tokoh di televisi atau film yang ternama, tapi memang seorang mafia sejati.

Salah satu perusahaan tur, Adventure Travel, bahkan memberikan wisatawan kesempatan untuk duduk dengan Angelo Provenzano, putra Bernardo. Bernardo Provenzano merupakan salah satu mafia yang ditakuti di Sisilia. Ia terlibat dalam pembunuhan hakim Giovanni Falcone dan Paolo Borsellino pada 1992. Sebelum ditangkap, ia menghabiskan 43 tahun dalam pelarian.

Hal ini ternyata serta merta tak disambut positif oleh banyak pihak. Pasalnya, tur wisata mafia ini malah memberikan lebih banyak uang dan kekuatan untuk jejaring mafia muda.

“Saya berjuang setiap hari untuk memastikan bahwa pariwisata Sisilia tidak terkait dengan sesuatu seperti nama Provenzano,” kata Cleo Li Calzi, salah satu warga Sisilia.

Ternyata, untuk keberlangsungan wisata mafia ini bukanlah hal gratis. Ada “pizzo” yang harus dibayar. Semacam uang perlindungan yang dibayarkan oleh hotel, restoran dan kafe di Sisilia langsung ke Mafia. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here