Home TIPS WISATA Mabuk Perjalanan, Waspadai Makanan & Minuman ini

Mabuk Perjalanan, Waspadai Makanan & Minuman ini

0
5568

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Motion sickness atau mabuk perjalanan, baik darat, laut dan udara, menjadi hal tak mengenakkan bagi para traveller. Mabuk perjalanan, dalam ranah medis dikategorikan sebagai penyakit Vertigo dengan gejala pusing, keringat dingin, mual (nausea), muntah (vomiting) dan lemas.

Hal ini disebabkan terganggunya sistem keseimbangan tubuh, dimana komponen-komponen sistem tersebut yaitu sistem syaraf pusat (otak), bagian dalam telinga, mata dan jaringan terdalam permukaan tubuh (proprioceptors), tidak bekerja secara sinkron.

Misalnya saat kita membaca buku di dalam mobil yang sedang bergerak, mata dan tubuh tidak memberikan sinyal adanya pergerakan ke otak, sementara telinga bagian dalam merespon gerakan kendaraan dan memberitahukannya ke otak, konflik informasi yang diterima otak inilah yang menyebabkan terjadinya mabuk kendaraan. Demikian jugalah yang terjadi saat kita mabuk laut, udara dan saat melakukan permainan wahana gerak seperti Roller Coaster.

Kondisi mabuk perjalanan juga dipicu atau diperparah oleh bau-bau tajam seperti asap rokok dan wewangian, kurangnya kadar oksigen dan banyaknya kadar karbon dioksida di dalam kendaraan, serta sistem suspensi kendaraan yang tidak baik dan jalanan yang tidak rata.

Mabuk pejalanan dapat dialami oleh siapa saja dan dari berbagai usia, bergantung kepada daya tahan tubuh dan kebiasaan dalam melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan.

Tapi tahukah Anda, ada beberapa jenis makanan dan yang harus dihindari saat travelling, agar terhindar dari motion sickness. Simak lima daftarnya yang dikutip dari Boldsky.

01. Gorengan

Makanan ini terlarang untuk dikonsumsi terutama saat travelling. Anda pasti tahu betapa tidak sehatnya goreng-gorengan. Mengonsumsi makanan yang digoreng dan mengandung banyak minyak, mampu mengganggu proses pencernaan tubuh dan membuat Anda tidak nyaman sepanjang perjalanan.

02. Alkohol

Dampak mengonsumsi alkohol terasa paling parah saat Anda melakukan perjalanan udara. Hal ini karena alkohol menyebabkan tubuh secara cepat mengalami dehidrasi. Itu juga dapat membuat Anda merasa sakit kepala dan mual.

03. Keju dan daging dingin

Banyak traveller menyantap sandwich yang dibeli dari mini market untuk mengisi perut sebelum bepergian. Padahal sandwich yang dijual di sana biasanya menggunakan bahan-bahan beku yang tidak segar.

Kemungkinan mengandung mikro organisme atau bakteri juga cukup besar. Hal ini tentu akan membuat Anda merasa mual sepanjang perjalanan. Terutama jika tubuh sedang dalam kondisi tidak sehat.

04. Makanan non-vegetarian

Makanan non-vegetarian seperti ikan, ayam, dan daging merah membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna tubuh. Oleh karena itu, saat Anda travelling, mengonsumsi makanan tadi mampu menambah sulit proses pencernaan. Hal ini dapat membuat Anda merasa tidak nyaman dan mual.

05. Produk olahan susu

Susu dan berbagai produk olahannya seperti keju, krim, dan sebagainya mampu membuat seseorang merasa mual sepanjang perjalanan. Tak hanya itu, makanan ini juga dapat membuat perut kembung dan mengganggu kenyamanan Anda saat berkendara.

Jika gejala-gejala mabuk sudah terjadi, hendaknya:

01. Hentikan kendaraan dan beristirahat.

02. Bila muntah, bersihkan mulut dari sisa muntahan dengan cara berkumur-kumur dengan air putih.

03. Minumlah sedikit air putih atau minuman berkarbonasi atau meminum larutan herbal (jahe-jahean) dan memakan sedikit kraker kering.

04. Bernafas secara teratur, melakukan pernafasan perut dengan cara menarik nafas dalam-dalam dan menggembungkan perut, lepaskan melalui mulut perlahan-lahan.

05. Mengoles minyak kayu putih di bagian leher dan sekitar dada.

06. Jika kondisinya agak mengkhawatirkan, terutama pada anak-anak (2-5 tahun) dengan ciri-ciri keringat dingin yang berlebihan, lemas, nyaris pingsan, sebaiknya hentikan dulu perjalanan, dan kalau perlu konsultasi dengan dokter. (marcapada@yahoo.com)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.