Lombok, Sabet 2 Penghargaan World’s Travel Summit 2015

0
1548
Wisata Honeymon di Lombok (foto: http://blog.lakupon.com)

MATARAM, test.test.bisniswisata.co.id: PULAU Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) menyabet dua penghargaan internasional dalam ajang internasional World’s Best Halal Travel Summit di Abu Dhabi, Uni Emirate Arab (UEA). Pulau Lombok berhasil meraih peringkat pertama di 2 kategori yakni, World’s Best Halal Honeymoon Destination atau Wisata Bulan Madu Halal terbaik di dunia, dan World’s Best Halal Tourism Destination atau Tujuan Wisata Halal Terbaik di dunia.

Direktur promosi Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB Fahrurozi Gaffar mengatakan, kemenangan ini merupakan sebuah anugrah yang didapat pulau Lombok. Tentunya menjadi kebanggan karena bisa bersaing dengan negara yang terkenal seperti Turki dan Abu Dhabi.

“Tadi malam sekitar jam 02.00 Wita, kami mendapat pesan dari ketua BPPD yang ada di Abu Dhabi bahwa Lombok memenangkan 2 kategori tersebut. Kami bangga bisa menjual Lombok ke kancah internasional,” ujar Fahrurozo Gaffar di Mataram, Rabu (21/10/2015).

Kemenangan ini, lanjut dia, diharapkan bisa menjadi motivasi bagi pemerintah dan warga Lombok untuk tetap menjaga kelestarian dan keindahan alam. “Momentum ini bisa dijadikan penyemangat untuk terus bekerja sama membangun sinergi yang lebih baik dalam rangka memperbaiki citra kepariwisataan, serta lebih serius lagi menata destinasi,” tandas Fahrurrozi.

World’s Halal Travel Summit Award merupakan ajang kompetisi pariwisata halal yang digelar pemerintah Uni Emirat Arab (UEA), dan diikuti oleh lebih dari 200 negara di dunia. Pada kategori Wolrd’s Best Halal Honemoon Destination, Pulau Lombok bersaing dengan Abu Dhabi, UEA dan Antalya yang ada di Turki. Sedangkan untuk kategori World’s Best Halal Tourism Destination, Lombok bersaing dengan Kuala Lumpur, Malaysia dan Abu Dhabi, UEA.

Malam penganugerahaan atas event yang didukung Abu Dhabi Tourism and Culture Authority ini, dilangsungkan di The Emirates Palace Ballroom, Abu Dhabi. Event yang sering disingkat WHTS 2015 itu adalah lanjutan dari acara Global Islamic Economy Summit (GIES) pada bulan November 2013 di Dubai, UEA. Dua tahun lalu, kegiatan ini disponsori oleh Dubai Chamber, dengan pelindung HH. Syaikh Muhammad bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden dan sekaligus Perdana Menteri UAE.

Keberhasilan Lombok yakni sebagai World’s Best Halal Honeymoon Destination, menggeser rival-rivalnya, Abu Dhabi, UAE, Antalya (Turki), Krabi (Thailand) dan Kuala Lumpur (Malaysia).
Penghargaan ini cukup prestisius ini, semakin menajamkan positioning Lombok, sebagai destinasi halal tourism kelas dunia.

“Pasar Timur Tengah, terutama UAE, itu spending-nya paling besar, sekitar USD 1.700 per kepala. Disusul Arab Saudi sekitar USD 1.500. Rata-rata hanya USD 1.200. Jadi kalau menggunakan analisa SSS atau triple S, yakni size (ukuran), spread (laba atau margin keuntungan), dan sustainable (keberlangsungan), pasar halal travel itu sangat menjanjikan,” tambahnya. (*/endy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.