Liburan, Barack Obama Rencana Pilih Indonesia

0
482
Barack Obama dan keluarga saat liburan

KUTA BALI, Bisniswisata.co.id: Barack Obama, presiden ke-44 Amerika Serikat rencana memilih liburan ke Indonesia. Obama bersama keluarganya berencana mengunjungi tiga destinasi wisata yakni Bali, Jakarta dan Yogyakarta. Kedatangan mantan penguasa Gedung Putih itu sedianya untuk menjadi pembicara dalam konvensi diaspora, sekaligus melakukan liburannya.

Presiden ke-44 Amerika Serikat Barrack Obama dijadwalkan akan mengunjungi Indonesia pada 23 Juni 2017. Ia juga akan berlibur di Pulau Dewata bersama keluarga besarnya selama beberapa hari.

Obama disebut-sebut berada di Indonesia mulai 23 Juni hingga 2 Juli 2017. Beberapa daerah yang dikunjunginya antara lain Bali (23-28 Juni), Yogyakarta (28-30 Juni), dan Jakarta (30 Juni-2 Juli).

Selain Obama, Perdana Menteri Malaysia Mohd Najib Abdul Razak beserta keluarga, juga rencananya akan berlibur ke Bali. Ia berada di Bali mulai 26-30 Juni 2017. Selama di Bali, PM Malaysia akan menginap di Hotel St Regist Nusa Dua.

Ditempat terpisah, Panglima Komando Daerah Militer Udayana Mayor Jenderal Komaruddin mengaku, sejauh ini pihaknya belum mendapat pemberitahuan resmi terkait kunjungan Obama ke Bali. “Sementara ini pemberitahuan resmi belum ada, tapi kita sudah dengar rencana itu,” kata Pangdam Komaruddin usai buka bersama kebangsaan di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Badung, Bali, Selasa 20 Juni 2017.

Komaruddin juga belum mengetahui tempat-tempat yang akan dikunjungi Obama selama berada di Bali. “Belum diberi tahu secara resmi akan menginap di mana dan ke mana saja. “Dengar-dengar akan berada di Bali dari 23 sampai 28 Juni. Kami belum diajak rapat,” sambungnya.

Namun, Komaruddin menegaskan, pihaknya selalu siap untuk mengamankan tamu VVIP. Selama ini, TNI selalu berlatih dan siap mengamankan tamu-tamu negara yang berkunjung ke Indonesia. “Kita berlatih tidak melihat waktu, tapi melihat situasi. Namun, untuk personel yang akan diturunkan kami belum tahu berapa, karena belum ada perintah,” lontarnya.

Kabid Humas Polda Bali, AKBP Hengky Widjaja mengaku telah menerima informasi mengenai rencana kunjungan Barack Obama beserta keluarga. Hanya, ia belum mendapat informasi resmi mengenai kunjungan mantan orang nomor satu di Negeri Paman Sam tersebut. “Ya benar, tapi itu baru info, belum ada pemberitahuan resminya,” kata Hengky.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X mengaku belum mengetahui rencana dan kegiatan Presiden ke-44 Amerika Serikat tersebut di Kota Gudeg. Sultan Yogya masih menunggu rapat koordinasi di Jakarta.

“Kedatangan Barack Obama masih dalam pembahasan di pemerintah pusat. Saya menunggu hasil rapat koordinasinya di Setneg (Sekretariat Negara),” ucap Sri Sultan HB X di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (20/6/2017).

Penguasa Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat itu juga belum mengetahui kegiatan dan agenda wisata Obama selama di Yogya. Termasuk, apakah Obama akan mengunjungi Keraton Yogya atau tidak. “Baru rapat hari ini di Jakarta. Enggak tahu (kegiatan dan agenda Obama di Yogya), kan baru rapat hari ini,” ujar dia.

Sejauh ini, belum ada kepastian Obama akan bertemu dengan Sultan HB X pada 28 Juni atau tanggal sesudahnya. Sebab, Sultan juga memiliki jadwal keluar kota pada 29 Juni hingga 2 Juli 2017.

Sebelumnya, Kabid Humas Pemda DIY Amiarsi Harwani mengatakan, pihaknya belum mendapatkan jadwal pasti kedatangan Obama di Kota Gudeg itu. Terutama, bertemu Sri Sultan HB X sebagai Gubernur DIY sekaligus Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. “Jadwalnya (Obama) kan 28-30 Juni 2017, tapi Sultan sendiri juga ada jadwal ke Tondano 29 Juni sampai 2 Juli 2017,” ujar Amiarsi. (*/LEO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here