Liburan Barack Obama ke Yogya Tertutup

0
445
Barack Obama dan keluarga tengah Rafting di Bali (Foto: Liputan6.com)

YOGYAKARTA, Bisniswisata.co.id: Usai liburan di Bali, Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama berkunjung ke Yogyakarta pada 28-30 Juni. Kedatangan Obama di kota Budaya berlangsung tertutup dan tidak bisa diliput wartawan.

Informasi yang dihimpun, rombongan Barack Obama terbang dari Bali pada pukul 12.30 Wita dan tiba di Base Ops Lanud Adisutjipto pada pukul 12.30 WIB. Rencananya, Gubernur DIY, Pangdam IV Diponegoro, Kapolda DIY, dan Danrem DIY menyambut mantan orang nomor satu di Amerika Serikat itu.

Menurut jadwal yang beredar, Barack Obama akan menginap di Hotel Tentrem Yogyakarta dan mengunjungi Candi Borobudur serta Prambanan. Meskipun demikian, Humas Hotel Tentrem Nike Ariestya mengaku sampai Selasa sore kemarin belum mendapat konfirmasi perihal akomodasi Barack Obama. “Belum dapat konfirmasi apakah Obama menginap atau tidak,” ia menegaskan.

Kasubdiv Humas dan Protokol PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Candi Ratu Boko Dewi Krisnawati membenarkan adanya rencana itu. Namun, kunjungan Obama ke Candi Borobudur dan Prambanan belum ada kepastian waktu dan hari. “Kunjungan dibuat tidak menentu, akan tetapi kami siap menerima kunjungan wisatawan mancanegara,” ucap Dewi.

Sebelum ke Yogya, Obama melakukan olah raga ekstrem arung jeram. Kegiatan tersebut dilakukan di Desa Rafting Bongkasa sekitar dua kilometer dari Hotel Four Seasons, Sayan, Ubud, tempat di mana mereka menginap.

Pemilik Desa Rafting Adventure I Nyoman Ariati tak kuasa mengungkapkan kegembiraannya karena tempatnya dipilih keluarga Obama untuk melakukan arung jeram. “Saya senang gembira, bersyukur sekali, tidak bisa digambarkan pokoknya,” sebut Ariati seperti diuntuh laman Liputan6.com, Rabu (28/06/2017).

Ariati mengatakan, ia tidak pernah menyangka Obama sekeluarga akan rafting ditempatnya. Hingga kini ia mengaku kejadian tersebut masih seperti mimpi. “Saya sangat terkejut,” kata dia.

Ariati mengatakan, sampai sehari sebelum Obama datang, tidak ada tanda-tanda bahwa sang politikus Partai Demokrat memilih tempatnya. “Jadi pesanan datang hampir sore, jam 2, ada yang mesen ke saya mereka bilang Obama sekeluarga akan datang. Itu mesen langsung ke saya, makanya sampai sekarang saya masih gak percaya,” tutur dia.

Mantan orang nomor satu di AS itu tiba di Desa Rafting di Bongkasa dengan kawalan tiga motor polisi serta dua mobil pengamanan yang berada tepat di depan 10 mobil milik rombongan Obama.

Obama telah berada di Bali sejak 23 Juni. Ia tiba di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai sekitar pukul 17.55 WITA dengan menumpang pesawat jet carter Gulfstream G-V N50JE. Rombongan Obama dikabarkan bertolak dari Guam, pulau kecil di bagian barat Samudera Pasifik yang masih merupakan teritorial Amerika Serikat.

Pada 25 Juni 2017, Obama terlihat sedang berjalan melewati terasering padi Jatiluwih di Tabanan. Kawasan ini masuk dalam salah satu warisan dunia UNESCO. Setelah dari Bali, “The Obamas” dijadwalkan akan terbang ke Yogyakarta. Rangkaian “mudik” Obama akan ditutup usai dirinya menjadi pembicara utama dalam kongres diaspora di Jakarta pada 1 Juli 2017. (*/L)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.