Libur Tutup Tahun 2015, Penumpang Pesawat Diprediksi Naik 55%

0
562
Penumpang Angkutan udara di Bandara Soekarno Hatta

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: LIBUR tutup tahun 2015, diprediksi kenaikan arus penumpang angkutan udara sebesar 55 %, dibandingkan tahun 2014. Perkirakan kenaikan penumpang ini, sudah diantisipasi maskapai penerbangan dengan menambah ekstra flight.

“Umumnya angkutan udara pada natal dan tahun baru, dibarengi dengan liburan panjang, selalu mengalami lonjakan. Itu kami prediksi naik 55% dibanding kegiatan Natal, Tahun Baru tahun lalu,” ungkap Menteri Perhubungan Ignasius Jonannya di Jakarta, Rabu.

Dan untuk angkutan jalan hanya meningkat tipis, yaitu 5,7% dan angkutan sungai justru naik lebih tinggi, dengan 14%. Hal berbeda terjadi pada angkutan kereta api dan angkutan laut, yang turun dibandingkan periode sebelumnya. “Angkutan kereta api kami prediksi turun sekitar 4%, angkutan laut juga turun. Karena tidak semua ini tidak sama dengan operasi lebaran,” papar Jonan.

Dari sisi titik kepadatan penumpang, terlihat konsentrasi di 45 terminal AKAP (antar kota antar provinsi), 9 perlintasan penyeberangan laut dan semua stasiun kereta api, khususnya yang berada di pulau Jawa. Selain itu ada 52 pelabuhan laut dan 35 bandara. “52 pelabuhan laut dari Sabang sampai Merauke, dan 35 bandara yang biasanya beroperasi untuk internasional atau connection ke internasional,” tukasnya. (*/e)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.