Libur Paskah, Perjalanan KA Ditambah

0
315

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Jelang libur panjang bersamaan libur Jumat Agung menjelang Paskah pada Jumat (14/4), berdampak tingginya pemesanan tiket perjalanan dari Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur pada 13 – 14 April. Karena itu, PT KAI mempersiapkan penambahan kereta api untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

Senior Manajer Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Suprapto mengatakan akan menambah 6 perjalanan KA tambahan, terdiri 2 KA relasi Gambir – Bandung (14/4, 22/4 dan 25/4), 2 KA relasi Gambir – Cirebon (17/4), 1 KA relasi Gambir – Solo (16/4) dan 1 KA relasi Gambir – Surabaya Gubeng (13/4 dan 22/4). Total tempat duduk kereta api tambahan ini berjumlah 2.500 tempat duduk.

Jumlah penumpang jarak menengah dan jauh di wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta pada hari biasa atau weekday berkisar antara 18 ribu hingga 22 ribu penumpang per hari. “Kondisi weekend berjumlah 28 ribu – 31 ribu penumpang setiap harinya. Jika long week end seperti bisa mencapai 30 ribu s/d 33 ribu penumpang setiap harinya,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (12/4).

Data sisa tempat duduk akan selalu berubah dalam hitungan detik. Dengan online tikecting, Pengguna jasa KA bisa melihat langsung melalui aplikasi KAI Access, website tiket.kereta-api.co.id atau melalui chanel eksternal resmi lainnya.

“Berdasarkan data penjualan tiket sampai Selasa (11/4) pukul 16.00 WIB KA tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah mengalami peningkatan penjualan. PT KAI mengoperasikan 28 KA reguler dari Stasiun Gambir, dan 24 KA reguler dari Stasiun Pasar Senen dengan total 29.310 kursi dimana 11.360 untuk Stasiun Gambir dan 17.950 untuk Stasiun Pasar Senen tempat duduk setiap harinya,” tambahnya.

KA keberangkatan dari stasiun Gambir yang telah mencapai okupansi 100% untuk keberangkatan Kamis (13/4) yaitu KA Argo Anggrek Pagi dan Malam tujuan Surabaya Pasarturi, KA Sembrani tujuan Surabaya Pasarturi, dan Bangunkarta tujuan Surabaya Gubeng, KA Bima dan Gajayana tujuan Malang,

Juga KA Argo Lawu dan Argo Dwipangga tujuan Solobalapan, KA Taksaka Pagi dan Malam tujuan Yogyakarta, KA Argo Sindoro dan Argo Muria tujuan Semarang Tawang, KA Argo Jati jurusan Cirebon, KA Argo Parahyangan tujuan Bandung, KA Cirebon Ekspres tujuan Cirebon, serta KA Purwojaya tujuan Cilacap.

Sementara untuk KA keberangkatan hari Jumat (14/4) yaitu KA Argo Anggrek Pagi tujuan Surabaya Pasarturi, KA Argo Dwipangga jurusan Solobalapan, KA Bima dan Gajayana tujuan Malang, KA Taksaka Pagi tujuan Yogyakarta, KA Argo Muria jurusan Semarang Tawang, KA Argo Jati jurusan Cirebon, KA Argo Parahyangan tujuan Bandung, KA Bangunkarta tujuan Surabaya Gubeng sudah habis terjual tiketnya.

“Tinggal beberapa KA seperti KA Tegal Bahari tujuan Tegal, KA Argo Anggrek Malam dan KA Sembrani tujuan Surabaya Pasar Turi, KA Argo Jati tujuan Cirebon dan Argo Parahyangan tujuan Bandung yang masih tersisa, itupun hanya rata-rata 15% saja,” ulasnya.

Sementara, untuk KA keberangkatan dari Stasiun Pasarsenen hari Kamis – Jumat (13 – 14 April) hampir semua KA sudah mencapai 100% okupansinya. Hanya tinggal beberapa KA seperti, KA Progo, KA Bogowonto, dan KA Sawunggalih Malam yang masih tersedia untuk tanggal 13 April, sedangkan KA Menoreh, KA Tawang Jaya, KA Gumarang, dan KA Sawunggalih Pagi masih tiketnya untuk keberangkatan hari Jumat (14/4). (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.