Libur Nyepi: TMR, Monas, Kota Tua, Ancol Diserbu Turis Lokal

0
751
Monas jadi daya tarik turis lokal

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Libur Hari Raya Nyepi dimanfaatkan wisatawan lokal untuk berwisata di Ibukota. Tercatat ada empat destinasi wisata yang diserbu turis lokal. Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Kota Tua, Monas dan Taman Rekresia Ancol menajdi sasaran untuk dikunjungi. Akibatnya, tingkan kunjungan pun mengalami grafik kenaikan.

Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan, misalnya. Kunjungan turis lokal berdampak kenaikan tingkat kunjungan di TMR mencapai sekitar 50 persen dibandingkan libur akhir pekan. Tak ada kejadian yang menonjol saat turis lokal menikmati liburan memandang pemandangan buatan, fauna dan satwa.

“Hingga Selasa siang, jumlah pengunjung mencapai 42 ribu orang. Jumlah itu naik dibanding hari libur akhir pekan yang hanya sebanyak 30 ribu pengunjung. Peningkatan pengunjung saat libur Nyepi mencapai 50 persen dibanding libur akhir pekan. Kalau hari biasa, bukan akhir pekan, pengunjung berkisar 10 hingga 20 ribu,” ujar Kepala Humas TMR Wahyudi Bambang di TMR Jakarta, Selasa (28/3/2017).

Dilanjutkan, saat liburan Nyepi, TMR tidak menyajikan hiburan khusus kepada pengunjung. Begitu pun dengan harga tiket masuk. Untuk masuk ke lokasi wisata yang buka pukul 07.00 hingga 16.30 ini, pengelola memberlakukan harga tiket untuk orang dewasa Rp 4000 dan anak-anak Rp 3000. “Kami tak menyajikan hiburan khusus di Hari Raya Nyepi, semua sama seperti biasa,” katanya.

Bambang mengatakan, Ragunan membuka tiga pintu yakni Timur, Barat, dan pintu Selatan dengan tujuan untuk melayani pengunjung dengan baik. “Semua kita buka supaya pengunjung bisa terlayani dengan baik dan tidak ada penumpukan,” kata Bambang.

Kota Tua

Kawasan Kota Tua, Taman Sari, Jakarta Barat juga ramai dipadati turis lokal yang mayoritas anak-anak muda. Meski cuaca cukup panas di siang bolong, namun hal itu tak menyurutkan wisatawan mendatangi kawasan bersejarah dengan bangunan-bangunan nan megah khas Eropa di kawasan itu serta bisa merasakan suasana Jakarta tempo dulu. Sayangnya, menjelang petang hujan mewarnai kawasan sehingga banyak wisatawan kabur mencari perlindungan dari guyuran hujan.

Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua, Novriadi S Husodo mengatakan, meski hari ini sejumlah museum di kawasan Kota Tua tutup karena hari libur nasional, namun hal itu tidak mengurangi jumlah pengunjung yang datang. Adapun museum yang tutup yakni, Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang dan Seni Rupa serta Museum Keramik.

Para pengunjung, terlihat asik menikmati suasana di kawasan Kota Tua dengan bersepeda, berfoto dan berkumpul bersama anggota keluarganya. “Sampai saat ini sudah sekitar 300 pengunjung yang memenuhi kawasan Kota Tua. Diprediksi hingga sore hari bisa mencapai 500 pengunjung,” tandasnya.

Monas

Tercatat, kawasan wisata Monumen Nasional, Gambir, Jakarta Pusat , dikunjungi sekitar 100 ribu wisatawan saat libur Hari Raya Nyepi. Jumlah ini meningkat empat kali lipat dari hari biasanya.

Kepala Unit Pengelola Kawasan Monas, Sabdo Kurnianto mengatakan, pada siang hari pengunjung yang sudah naik ke puncak tugu Monas tercatat sudah 2.100 orang. “Semakin siang makin ramai pengunjung, bahkan sampai empat kali lipat dari hari biasanya. Yang naik ke puncak monas saja sudah 2.100 orang,” papar Sabdo.

Pihaknya memprediksi hingga malam hari akan ada 120 ribuan pengunjung masuk ke dalam kawasan. Pasalnya pengelola akan tetap membuka wisata malam monas sampai pukul 22.00. “Karena banyak pengunjung pengamanan kita harus ekstra, termasuk pegecekan barang pengunjung yang ingin masuk ke dalam tugu di pintu masuk,” katanya.

Taman Impian Ancol

Kepadatan pengunjung Ancol sudah terlihat sejak pagi hari. Pengunjung dengan kendaraan roda empat maupun roda dua nampak mengular di pintu masuk Gerbang Barat Ancol. Selain memenuhi sejumlah wahana yang ada, banyak wisatawan yang datang menghabiskan waktu liburan di tepian pantai.

Manager Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol, Rika Lestari mengatakan, pihaknya menargetkan Ancol dikunjungi 60 ribu orang pada hari ini. “Hingga pukul 13.30, pengunjung yang datang berjumlah 50 ribu orang,” kata Rika. (*/BJO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.