Libur Lebaran, Ragunan Zoo Targetkan 700.000 Pengunjung

0
1591
Taman Margastwa Ragunan Jakarta

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Pengelola Taman Margasatwa Ragunan (TMR) atau Ragunan Zoo, Jakarta Selatan, menargetkan jumlah pengunjung saat libur lebaran tahun ini bisa mencapai 700 ribu orang. Harga tiket masuk yang terjangkau, menjadi daya tarik utama bagi warga yang ingin berekreasi.

“Kami prediksi jumlah pengunjung untuk delapan hari pelayanan (25 Juni-2 Juli) saat libur lebaran mencapai 700 ribu orang,” kata Dina Hemawati, Kepala Pengelola TMR, Rabu (21/6).

Untuk tiket masuk pengunjung dewasa dikenakan Rp 4.000 per orang, sementara anak-anak Rp 3.000 per orang. Dan untuk tiket masuk wahana serta fasilitas, seperti taman satwa anak Rp 2.500, perahu angsa Rp 18.000, sepeda Rp 10.000-Rp 15.000 per orang. Sementara tarif masuk Pusat Primata Schmutzer Rp 7.500 per orang.

“Kami melakukan sosialisasi melalui media sosial terkait potensi banyaknya pengunjung selama libur lebaran. Diimbau agar pengunjung dapat mengatur waktu kunjungannya dan menghindari jam padat, antara jam 10.00 sampai pukul 12.00,” tandasnya

Kebun Binatang Ragunan Jakarta (Ragunan Zoo) bisa menjadi pilihan wisata di Ibukota. Dengan koleksi lebih dari 2000 satwa dan 20.000 flora bermukin di areal tidak kurang dari 140 Ha. Kebun Binatang yang telah berdiri tahun 1814 dengan nama Planten en Dierentuin dimasa Kota Jakarta masih bernama Batavia.

Saat ini, Ragunan Zoo memiliki ribuan koleksi satwa, selain tentunya zona rekreasi menarik yang masih berada di dalam KBR. Beberapa jenis satwa diantaranya :

Mamalia : Beruang Madu, Harimau Sumatera, Siamang, Gorilla, Babirusa, Tapir, Singa, Harimau Bengala/Putih, Bekantan, Beruk, Kukang, Lutung Budeng, Monyet Kokah, Monyet Boti, Monyet Marmoset, Nilgai, Macan Tutul Sri Lanka, Jaguar, Sitatunga, Rusa Totol, Anoa, Binturong, Simpanse, Banteng Jawa, Gajah Sumatera, Yaki, Simpai, Surilli, Orangutan Kalimantan.

Reptil : Komodo, Kura – Kura Pipi Merah, Sanca Patola, Sanca kembang, Biawak Salvator, King Kobra, Kadal Lidah Biru, Biawak Hitam, Kadal Maluku, Sanca Sawah Putih, Kadal Hijau.

Unggas & Burung : Pelikan / Burung Undan, Flamingo, Elang Ikan Kepala Kelabu, Elang Irian, Kasuari Gelambir Tunggal, Nuri Coklat, Nuri Merah Punggung Kuning, Puyuh Mahkota Sengayan, Bangau Tongtong, Beo, Betet Kalung, Elang Bondol, Merak Biru, Kasuari Gelambir Ganda, Kakatua Raja, Kakatua Jambul Kuning, Julang, Jenjang Mahkota, Dara Mahkota Viktoria, dan Burung Unta. Serta beragam satwa-satwa lainnya juga bisa disaksikan di Kebun Binatang Ragunan Jakarta.

Zona Rekreasi yang bisa dikunjungi di Kebun Binatang Ragunan antara lain :

Pusat Primata SCHMUTZER : Zona yang dikhususkan untuk menampung berbagai primata dari seluruh Indonesia. Dirancang dengan konsep alam bebas sehingga satwa seolah berada di habitat aslinya. Pengunjung yang ingin menyaksikan dapat melihat melalui terowongan dan jembatan yang tersedia.

Taman Refleksi : Buat yang ingin berolahraga atau sekedar berfoto-foto bisa dilakukan di tempat ini. Waktu yang tepat berekreasi di tempat ini pada saat pagi atau sore hari untuk menghindari teriknya matahari.

Taman Satwa Anak : Untuk zona yang satu ini sangat cocok untuk anak-anak. Karena di zona terdapat satwa-satwa yang disukai oleh anak-anak. Di zona ini juga terdapat aquarium raksasa yang dihuni ikan Arapima dari sungai Amazon dengan berat 100 Kg.

Tentu masih banyak atraksi lain seperti : Gajah Tunggang, Onta Tunggang, Taman Perahu Angsa, bisa dimainkan di Kebun Binatang Ragunan Jakarta. (*/BBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.