Libur Lebaran, Bantul Targetkan Sejuta Wisatawan

0
738
Pantai Parangtritis (Foto: Duniahiburan.com)

BANTUL, test.test.bisniswisata.co.id: LIBUR lebaran digunakan secara maksimal oleh Pemerintah Kabupaten Bantul, yang memiliki potensi wisata pantai seperti Parangtritis. Pemkab Bantul menargetkan 1 juta wisatawan selama libur lebaran tahun 2015.

Kepala Disbudpar Bantul, Bambang Legowo mengatakan pihaknya optimis kunjungan wisatawan dalam libur lebaran tahun ini bisa mencapai angka 1 juta. Bambang mengatakan target 1 juta wisatawan ini terhitung dari obyek wisata baik di pantai, desa wisata dan pusat kuliner.

Walaupun begitu perhitungan yang masuk dalam retribusi hanya 400 ribu wisatawan. Karena, tidak semua wisatawan berkunjung ke destinasi wisata di Bantul yang ditarik retribusi. “Yang bisa ditarik retribusi sekitar 400 ribu, yang lainnya tersebar ke seluruh wilayah, misalnya desa wisata, wisata kuliner,” katanya.

Wisata pantai masih menjadi primadona para wisatawan yang berkunjung ke Bantul. Primadona yang belum tergantikan adalah pantai parangtritis. Menyambut libur lebaran di Pantai Parangtritis pihaknya menyiapkan berbagai atraksi dan hiburan bagi pengunjung pada tanggal 18-26 juli 2015. Salah satunya adalah penampilan band yang memainkan lagu koes plus dan permainan tradisional.

Soal kemacetan yang mungkin terjadi, Bantul sudah mengupayakan jalur alternatif agar tidak terjadi macet selama liburan lebaran. “Mobil dan motor kita arahkan pundong, tetapi bus besar tidak bisa. Kemarin sudah dicoba trial and error,” jelas Bambang. Pihaknya juga sudah menyiapkan 150 petugas kebersihan dan dump truk untuk mengangkut sampah dikawasan obyek wisata.

Ada 10 Tempat Wisata di Bantul, yang kerap dikunjungi wisatawan:

1. Kids Fun

Kids Fun merupakan tempat rekreasi anak dan keluarga di Bantul yang lokasinya berada di Jalan Wonosari Km 10 Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta. Disini terdapat berbagai wahana permainan yang bisa dinikmati seperti Bumper Car, Gokart, Kolam Renang, Flying Fox, Swinger dan lain sebagainya.

2. Balong Waterpark

Balong Waterpark merupakan waterpark yang ada di Bantul, terletak di sebelah timur Kota Yogyakarta tepatnya berada di Jalan Pleret Km 1,5, Balong Potorono, Bantul, Yogyakarta. Disini tersedia beberapa seluncuran air dengan tinggi 12 meter dan 9 meter, selain itu juga tersedia seluncuran khusus keluarga atau family slide yang berukuran cukup lebar.

3. Makam Imogiri

Makam Imogiri merupakan tempat pemakaman Raja-Raja dan keluarga raja Kasultanan Mataram. Makam ini oleh penduduk Bantul dianggap keramat. Pemakaman Imogiri memiliki beberapa nama lain yaitu Pasarean Imogiri dan Pajimatan Girirejo Imogiri. Menurut sejarah, Pemakaman Imogiri ini dibangun oleh Sultan Mataram III Prabu Hanyokrokusumo pada tahun 1632. Lokasi pemakaman Imogiri ini berada di atas perbukitan yang masih dalam gugusan Pegunungan Seribu dan beralamat di usun Pajimatan, Desa Girirejo, Kecamatan Imogiri, Kabupten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Makam Imogiri merupakan salah satu wisata religi di Bantul yang cukup diminati. Apabila anda berkunjung disini, anda dapat membeli buku cecil yang berisi tentang Sejarah makam Imogiri termasuk nama-nama Raja yang dimakamkan di Pemakaman Imogiri ini.

4. Goa Cerme

Goa Cerme terletak di Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Goa ini memiliki panjang sekitar 1,5 km dari pintu masuknya yang berada di Imogiri hingga sendang di wilayang panggang, Desa Ploso, Giritirto, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Daya tarik utama tempat wisata ini yaitu keindahan stalagmit dan stalagtit serta sungai bawah tanah, untuk mecapai pintu goa para wisatawan harus mendaki bukit melalui beberapa anak tangga.

5. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan pantai yang populer. Sesuai namanya pantai ini terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta sekitar 25 Kilometer dari Kota Yogyakarta. Untuk menyusuri Pantai Parangtritis ini anda bisa menggunakan bendi atau delman, selain itu juga anda bisa menyewa ATV atau menunggang kuda yang disewakan dan jika anda ingin menikmati pemandangan seluruh pantai parangtritis dari ketinggian anda bisa naik ke tebing gembirawati.

6. Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara lokasinya berada di Desa Patehan, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Nama pantai ini diambil dari banyaknya pohon cemara yang terdapat di sekitar pantai dan di jalur masuk ke Pantai ini terdapat pohon cemara yang berbentuk seperti goa atau terowongan maka dari itu mungkin pantai ini dinamakan Goa Cemara.

7. Pantai Samas

Pantai Samas terletak sekitar 25 kilometer dari Kota Yogyakarta menuju ke arah selatan melewati ibukota Bantul, tepatnya berada di Kecamatan Sanden, Bantul, Yogyakarta. Tidak jauh dari Pantai ini anda dapat menemukan Pantai Patehan yang berada di sebelah barat Pantai Samas dan juga Pantai Pandansimo.

8. Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo merupakan obyek wisata Pantai di Bantul Yogyakarta yang berdekatan dengan Pantai Parangtritis. Pantai Parangkusumo juga merupakan obyek wisata yang menarik di Bantul. Selain karena keindahan pemandangannya, Pantai Parangkusumo juga diminati karena faktor mistisnya. Di Pantai Parangkusumo terdapat sebuah bangunan yang diberi nama Cepuri. Di dalam Cepuri terdapat dua buah batu yang diberi nama Batu CInta, Konon katanya diatas batu ini pernah dilakukan pertemuan antara Panembahan Senopati, Raja Kerajaan Mataram yang pertama dengan Ratu Kidul Penguasa Pantai Selatan. Dalam pertemuan itu disepakati bahwa Ratu Kidul akan membantu Mataram untuk menjadikannya kerajaan yang disegani di Tanah jawa. Oleh karena itu banyak yang menjadikan Pantai Parangkusumo ini sebagai tempat untuk bermeditasi, bersemedi, melakukan ritual khusus untuk mencapai tujuan tertentu.

9. Pemandian Air Panas Parang Wedang

Tempat wisata di Bantul yang cukup unik adalah Pemandian Air Panas Parang Wedang. Dikatakan unik karena pemandian air panas ini tidak terdapat di pegunungan seperti kebanyakan pemandian air panas, namun lokasinya terbilang dekat dengan pantai. Pemandian Air Panas Parang Wedang berlokasi tidak jauh dari Pantai Parangtritis.Di pemandian ini sudah dibangun kolam penampungan berukuran 9 x 8 m dan beberapa kamar mandi air hangat untuk para pengunjung.

10. Goa Selarong

Goa Selarong merupakan tempat wisata religi di Bantul yang sangat bersejarah. Dahulu Goa Selarong ini sering digunakan Pangeran Diponegoro untuk menyendiri, dan kemudian digunakan sebagai markas perang gerilya melayan Hindia Belanda. Goa Selarong terdapat di Dukuh Kembangputihan, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Provinsi DI Yogyakarta. Banyak orang yang berkunjung ke Goa Selarong ini, karena ingin mengingat kembali sejarah perjuangan Pengeran Diponegoro melawan Penjajah Belanda. Selain terdapat Goa yang bersejarah di tempat ini juga sudah dibangun bumi perkemahan.(redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.