Libur Lebaran, Atraksi Seni di Sejumlah Objek Wisata Bantul

0
449
Kesenian Jathilan Bantul

BANTUL, Bisniswisata.co.id: Kabupaten Bantul, Yogyakarta memiliki tempat yang menarik untuk dikunjungi saat libur Lebaran, di antaranya Pantai Parangtritis dan Pantai Gua Cemara. Berbeda dari sebelumnya, di tempat objek wisata itu, pemerintah setempat akan menyajikan sejumlah atraksi kesenian.

Kepala Seksi Objek Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata Bantul Karman mengatakan, ada beberapa atraksi kesenian yang akan ditampilkan seperti jathilan, wayang, tari-tarian, dan lainnya. Menurut dia, atraksi tersebut akan mulai ditampilkan sejak H+2 Lebaran. Atraksi-atraksi tersebut berasal dari masyarakat sekitar dan kelompok kesenian di Bantul.

“Kelompok kesenian yang tampil ada yang melalui seleksi, ada beberapa yang telah ikut festival. Atraksi kesenian itu diharapkan bisa menjadi daya tarik dan menghibur wisatawan,” kata Karman dikutip dari harianjogja.com, Selasa (20/06/2017).

Atraksi kesenian itu akan ditempatkan di sejumlah objek wisata yang mempunyai potensi di bidang kesenian dan diprediksi mendatangkan wisatawan dalam jumlah yang besar.

Plt Kepala Dispar Bantul Supriyanto mengaku sudah melakukan koordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). “Dinas sudah rapat koordinasi bersama Dishub dan Saptol PP, karena nanti di lapangan perlu bantuan pengamanan jalan dan rakayasa arus lalu lintas,” katanya.

Selama libur Lebaran, Supriyanto menambahkan, pendapatan asli daerah (PAD) dari penarikan retribusi wisata ditargetkan mencapai sekitar Rp1 miliar, dengan perolehan terbesar dari objek wisata Pantai Parangtritis.

“Sampai dengan akhir Mei pendapatan wisata sudah mencapai Rp6,2 miliar. Kami optimistis hingga libur Lebaran selesai pendapatan bisa mencapai angka Rp7 miliar,” ucap dia. (*/HJC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.