Libur Lebaran 2017, Purbalingga Targetkan Kunjungan 245.000 Wisatawan

0
648
Puncak Igir Wingir Purbalingga (Foto: Ngadem.com)

PURBALINGGA, Bisniswisata.co.id: Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, menargetkan kunjungan 245.000 wisatawan selama libur Hari Raya Idul Fitri 2017. Target kunjungan ini turun 5.000 dibanding target tahun 2016.

“Tahun 2016, target kunjungan 250 ribu orang, dan mampu terealisasi sebanyak 361.790 wisatawan. Tahun ini kami tidak terlalu muluk-muluk dengan target dan bila melampui target, ya bersyukur,” papar Kabid Pariwisata, Dinas Pemuda Olah Raga, dan Pariwisata Purbalingga Mulyanto melalui siaran pers di Purbalingga, Minggu (18/6).

Dijelaskan, kunjungan wisatawan terbesar masih didominasi objek wisata air Bojongsari atau Owabong yang mencapai 115.652 orang. Kemudian disusul Taman Wisata Purbasari Pancuranmas 33.704 orang dan Goa Lawa 21.705 orang. “Kunjungan ke desa wisata sebagai alternatif pergeseran wisata massal, kami targetkan sebanyak 70.000 wisatawan,” katanya.

Wakil Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi menambahkan, pengelola objek wisata harus terus memperhatikan sejumlah hal. Dan mendorong upaya peningkatan sapta pesona wisata meliputi, keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan, dan kenangan.

“Untuk kebersihan, saya mengecek langsung kondisi toilet di lokasi daya tarik wisata. Kebersihan toiletnya bisa menjadi indikator kebersihan wahana dan lingkungan obyek daya tarik wisata itu sendiri,” katanya sambil menambahkan pengelola wisata agar menjaga kebersihan tempat ibadah guna memberikan rasa nyaman kepada wisatawan.

Purbalingga sebuah kabupaten di Jateng dengan luas daerah kurang lebih 777 km persegi. Purbalingga juga berbatasan langsung dengan daerah tujuan tempat wisata lainya seperti Pekalongan, Banjarjenaga, Banyumas juga Pemalang.

Purbalingga ini mempunyai berbagai macam tempat wisata mulai dari wisata alam purbalingga, wisata budaya hingga wisata kulinernya yang sangat menggoda. Dan ternyata purbalingga ini terkenal dengan julukan kota curug, dengan julukan tersebut pastinya banyak banget dong air terjun yang indah di purbalingga ini.

Tercatat ada 40 destinasi wisata di Purbalingga. Dari jumlah itu, ada 10 destinasi yang terkenal dan kerap dikunjungi wisatawan lokal, nasional hingga internasional. Destinasi itu:

01. Mencoba Derasnya Air Sungai Klawing
Sungai klawi merupakan sungai yang terletak di dua kecamatan yaitu kecamatan Bobotsari dan Mrebet Purbalingga. Bagi anda yang suka dengan tantangan mungkin sungai ini cocok bagi anda, di sungai ini anda bisa melakukan berbagai aktifitas seperti arum jeram dan dan juga river boarding. beberapa waktu yang lalu sungai klawing menjadi tumah rumah kejuaraan rever boarding tingkat nasional. Kegiatan tersebut juga sekaligus menjadi ajang promosi.

02. Curug Nini, Wisata Alam Air Terjun
Tahukah anda, purbalingga ternyata di juluki sebagai kota seribu curug, Banyak sekali air terjun yang bisa anda jelajahi di purbalingga, salah satunya adalah curug nini yang berlokasi di cipaku dan pagerandong. Lokasinya yang berada di kedua desa karena curug nini merupakan pemisah antara kedua desa tersebut. Lokasinya yang berada di dalam hutan mengharuskan para traveler yang ingin berkunjung ke curug ini harus berjalan kaki terlebih dahulu sebelum sampai ke curug yang indah ini. Dengan ketinggian curug yang tidak terlalu tinggi curug ini sangat bersahabat dan tidak berbahaya untuk bermain air, Di situ anda dapat berenang dan melompat dari atas tebing ke dasar air. sebagaian besar curug di purbalingga berada di kecamatan mrebet, jadi untuk menemukan banyak curug anda bisa lansgung mengnjungi kecamatan tersebut.

03. Curug Tempuran Dengan Airnya yang Jernih
Tempat wisata curug di purbalingga selanjutnya adalah curug tempuran yang mempunyai air yang sangat jernih dan cocok sakali di gunakan untuk mandi. Curug tempuran sendiri belokasi di binangun kecamatan mrebet. Air terjun yang satu ini tidak kalah indahnya dengan air terjung nini yang sudah di bahas di bagian sebelumnya. Air terjun tempuran terdapat kolam dengan air yang jernih yang dapat di gunakan mandi atau sekedar untuk bermain air.

04. Curug Tuntung Laut
Masih membahas tentang curug yang ada di purbalingga, yaitu curug tuntung yang berlokasi di desa binangun, lokasinya yang berada dalam satu desa dengan curug tempuran rugi jika anda berkunjung ke curug tempuran tapi tidak sekaligus berkunjung ke curug tuntung yang masih sepi dan jarang orang yang tahu. Untuk menuju curug ini anda pertama akan melewati perkampungan penduduk dan selanjutnya anda di suguhkan dengan rute perkebunan coklat dan kopi sebelum sampai di curug tuntung.

05. Curug Ciputut
Lengkapi perjalanan menyusuri curug di purbalingga dengan mengunjungi curug ciputut yang eksotik ini. curug ciputut sendiri berlokasi di serayu layangan, kec mrebet purbalingga. Untuk menjangkau air terjun ini. anda harus melewati rute yang cukpu sulit. Bagi anda pelancong sejati pastinya rute yang sulit akan menjadi sangat menarik ntuk di jelajahi. Sesampainya di curug ini anda dapat langsung menyeburkan diri ke air yang segar dan bersih untuk sekedar menhilangkan rasa lelah saat perjlanan menuju curug.

06. Wisata Alam Argowisata lembah Asri
Objek wisata alam purbalingga slenjutnya adalah argowisata lembah asri yang berlokasi di Ds Serang, kec Karangreja Purbalingga. Loaksinya yang berada di pegunungan membuat daerah ini mempunyai hawa yang sangat sejuk dan dilengkapi dengan view gunung slamet yang instagramable. Obyek wisata alam purbalingga ini berjarak sekitar 23 kilometer dari jantung kota purbalingga. wisata alam ini juga yang menghubungkan beberapa objek wisata di sekitar purbalingga seperti Wisata air wabong, goa lawang dan lainya.

07. Puncak Igir Wingir
Bagi yang suka dengan naik gunung mungkin salah satu destinasi di purbalingga ini bisa anda kunjungi, namanya puncak wingir yang berlokasi di Ds panususpan, Kec Rembang Purbalingga. Ternyata wisata ini sempat ngehits di kalangan traveler karena keindahan pemandangannya. Di puncak tersebut anda dapat menikmati pemandangan kabupaten purbalingga dari atas gunung. Puncak wingir ini ampir seperti yang ada di kulonprogo yogyakarta yang juga gak kalah ngehitsnya.

08. Curug Sumba
Ada satu lagi nih spot wisata air terjun di purbalingga yang sangat menarik untuk di kunjungi. Yaitu curug sumba yang berlokasi di Ds Tlahab Kec Karangreja Purbalingga. curug ini mempunyai genangan air yang cukup luas sehingga memungkinkan anda bisa berenang di curug ini ataupun skeder untuk bermain air bersama kerabat. owh iya, sekedar rekomendasi dari MyTrip123 sebaiknya mengunjungi curug ini pada saat musim kemarau karena warna air di curug ini berwarna biru dan yang pastinya sangat jernih.

09. Pemandian Situ Tirta Mata
Bagi anda traveler pastinya tahu dong dengan wisata umbul ponggok di klaten??? ya umbul ponggok merupakan wisata air di klaten, di situ anda dapat mencoba sensasi snorkling air tawar. untuk pembahasan slengkapnya bisa disimak di –> Umbul Ponggok Klaten, Tempat Seru Untuk Snorkelling. Owh iya kita kan sekarang sedang membahas wisata di purbalingga, di kota ini juga terdapat wisata air seperti halnya wisata ponggok, yaitu pemandian situ tirta mata yang berlokasi di Ds Karangcegak Kec Kutasari Purbalingga.

10. Water Park Bojongsari
Purbalingga tenyata juga mempunyai wisata air buatan yang tak kalah indahnya dengan yang ada di kota-kota besar lainya lo. Namanya Bojongsari waterpark yang berlokasi di owabong. Water park bojongsari ini pada tahun 2013 pernah mendapat penghargaan dari guernur jawa tengah karena menjadi tempat wisata yang paling banyak dikunjungi. (*/BBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.