Libur Imlek, Maskapai Jangan Toleransi Terhadap Pelanggaran

0
369

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Pengamat penerbangan Alvin Lie mengatakan maskapai diharapkan bisa lebih siap dalam hal pelayanan dan meminimalisir penyimpangan dan pelanggaran sekecil apa pun dalam menghadapi lonjakan penumpang saat Liburan Imlek 2017.

“Demi memberikan kenyamanan bagi penumpang angkutan udara, tidak ada lagi toleransi terhadap penyimpangan maupun pelanggaran sekecil apa pun,” ucap anggota Ombudsman itu dalam keterangan tertulis, Sabtu (29/01/2017).

Menurut Alvin, maskapai harus mematuhi persyaratan mencakup pemeliharaan pesawat dan kelaikan awak pesawat. “Semua harus fully comply,” lontar Alvin serius.

Alvin menambahkan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan diminta bersikap tegas dalam hal ramp check pesawat. Yang penekanannya pada disiplin masing-masing maskapai juga ketegasan para inspektur (DKKPPU – Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara Ditjen Perhubungan Udara).

“Ramp check hanya salah satu cara pengawasan,” ucap Alvin yang pernah menjadi anggota Komosi VII DPR periode 2004-2009.

Ihwal lonjakan penumpang libur Imlek, Alvin mengatakan maskapai sudah bisa memperkirakan rute mana saja yang akan mengalami lonjakan penumpang secara signifikan. “Harus segera ajukan jadwal penerbangan tambahan.”

Menurut Alvin, rute tradisional yang biasanya mengalami peningkatan signifikan traffic liburan tahun baru Imlek adalah Medan, Bangka & Belitung, Pontianak, Semarang, Solo, Surabaya. “Di bandara, airlines juga harus menambah jumlah counter & petugas untuk pastikan kelancaran proses check in serta bagasi,” ucapnya. (*/TMP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here