Libur Idul Adha, Tangkuban Perahu Dipadati 30.000 Turis Domestik

0
1874
Tangkuban Perahu dipadati wisatawan (foto: http://www.pintuwisata.com)

BANDUNG BARAT, Bisniswisata.co.id: Selama libur Idul Adha, Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkuban Perahu di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, dipadati lebih dari 30.000 wisatawan. Kebanyakan dari mereka adalah wisatawan domestik yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Direktur PT Graha Rani Putra Persada (GRPP) selaku pengelola TWA Tangkuban Perahu, Putra Kaban mengatakan, pengunjung yang datang memang didominasi oleh wisatawan lokal. Meski pun pengunjung dari mancanegara dan timur tengah juga ada meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak. “Untuk libur Idul Adha kali ini jumlah pengunjung ada sekitar 30.000 dan puncaknya terjadi pada Sabtu (2/9/2017),” sebutnya, Senin (4/9/2017).

Menurutnya, kawasan Lembang masih menjadi primadona destinasi wisata pada musim libur. Pengunjung pun selama tiga hari ini terbilang stabil. Puncak kunjungan tertinggi pada akhir pekan lalu dimana kurang lebih 15.000 wisatawan dan sempat terjadi kepadatan kendaraan menuju lokasi Kawah Ratu. “Kawah Ratu masih menjadi lokasi yang paling banyak diminati pengunjung termasuk juga Kawah Domas,” ucapnya.

Dia menyebutkan, angka kunjungan kali ini nyaris sama dengan kunjungan wisata pada liburan Idul Adha tahun lalu. Meski pun kondisi perekonomian sedang sulit tapi tidak menyurutkan masyarakat untuk mencari hiburan ke tempat wisata.

Atas kunjungan yang terus meningkat, kata dia, TWA Tangkuban Parahu mendapatkan penilaian jumlah pengunjung terbaik dan terbanyak di Indonesia. “Hal itu berdasarkan penilaian dari Kementerian Pariwisata. Itu artinya wisata alam masih menjadi pilihan masyarakat melepas penat,” kata Ketua Pengusaha Pariwiasata Alam Indonesia ini. (*/SIN)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.