Libur Akhir Pekan, Situ Bagendit Dilirik Wisatawan Domestik

0
826
Situ Bagendit (Foto: http://bandung.panduanwisata.id)

GARUT. Bisniswisata.co.id: Danau Situ Bagendit, objek wisata di Kabupaten Garut, Jawa Barat kini dilirik wisatawan domestik dari berbagai daerah pada musim libur akhir pekan. Tercatat, kunjungan bisa mencapai sepuluh ribu dalam tiga bulan terakhir.

“Dalam tiga bulan ini pengunjung ke Situ Bagendit ramai, mencapai 10 ribuan pengunjung, kebanyakan pengunjung didominasi oleh wisatawan lokal Jawa Barat,” kata Kepala Sub Bagian Objek Wisata Situ Bagendit, Tatang Sutansyah, Ahad (02/04/2017).

Kunjungan paling ramai, lanjutnya, terjadi pada saat libur akhir pekan Sabtu dan Minggu, hari raya atau libur panjang seperti pada liburan Hari Raya Nyepi pekan lalu. “Termasuk libur cuti bersama kemarin, pengunjung cukup banyak,” ujarnya.

Ia menyebut objek wisata danau ternama di Garut itu akan terus dipromosikan guna meningkatkan kunjungan wisatawan. Nantinya, peran promosi itu dilakukan oleh Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut. “Promosi seluruh potensi dilakukan oleh dinas, kalau kita hanya sebatas promosi ditingkat lokal saja,” ujarnya,

Objek wisata Situ Bagendit terletak di kawasan Kecamatan Banyuresmi atau sekitar 20 km dari pusat kota Garut ke arah utara. Wisata air tersebut menawarkan danau dengan pemandangan pegunungan dan suasana alam yang masih asri. Wisatawan pun bisa menikmati fasilitas permainan air atau menikmati wisata kulineryang dijual menggunakan perahu rakit.

Selain memiliki pemandangan yang indah, juga memiliki kisah yang menarik. Dalam legendanya, Situ Bagendit terdiri dari dua asal kata, yakni Situ berarti danau kecil dan Bagendit berasal dari Nyai Endit, seorang janda kaya yang tamak, kikir, serakah dan sok berkuasa.

Karena ketamakannya, Nyi Endit bersama-sama hartanya akhirnya ditenggelamkan oleh si pengemis sakti yang tersakiti hatinya. Jadilah sekitar rumah Nyi Endit direndam air bah yang kini disitu dikenal dengan Situ Bagendit.

Situ Bagendit memiliki potensi wisata yang sangat menarik dengan latar belakang gunung yang menjulang tinggi. Di situ ini terdapat beberapa rakit dengan atapnya terbuat dari bambu dan tempat duduknya yang berwarna-warni, yang kapanpun selalu siap mengantarkan pengunjung untuk mengelilingi isi danau.

Tak hanya ada rakit, beberapa buah perahu kecil berbentuk angsa dan kano juga tersedia untuk pengunjung yang ingin menikmati suasana danau secara lebih eksklusif.

Sementara di tepi danau sendiri, tampak beberapa pengunjung asik melemparkan kail, berharap mendapatkan ikan. Sekelompok pengunjung asik berteduh dibawah pepohonan rindang sambil menggelar tikar dan menyantap bekal. Sebuah kereta api mini juga tersedia sebagai salah satu bentuk lain dari hiburan yang ada. (*/bbs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.