Libur 1 Muharram, Lokawisata Baturraden Targetkan 3000 Pengunjung

0
396
Lokawisata Baturaden

BANYUMAS, Bisniswisata.co.id: Lokawisata Baturraden tetap menjadi favorit kunjungan wisatawan domestik di wilayah Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Apalagi saat musim liburan, tempat wisata alam pegunungan ini selalu dibanjiri wisatawan lokal.

Apalagi, liburan Tahun Baru 1439 Hijriah, jumlah pengunjung mengalami grafik kenaikan luar biasa. Dan untuk meramaikan liburan itu,
Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah bersama Lokawisata Baturraden menyiapkan kegiatan bertajuk Grebeg Suran Baturraden.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Festival Baturraden 2017,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Lokawisata Baturraden Djoko Haryanto di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu (20/09/2017).

Terkait kunjungan wisatawan pada hari libur 1 Muharam 1439 Hijriah atau Kamis (21/9), Djoko menargetkan sebanyak 2.500-3.000 orang yang mengunjungi Lokawisata Baturraden. “Kami tidak menggelar kegiatan khusus untuk menyambut wisatawan pada liburan 1 Sura (1 Muharam, red). Namun, kami telah melakukan sejumlah penataan termasuk tempat parkir dan pengamanan,” tuturnya.

Dijelaskan awal September 2017, jumlah kunjungan wisatawan telah melampaui target kunjungan tahunan. Tahun 2017, target kunjungan ke Lokawisata Baturraden mencapai 444 ribu wisatawan. Namun, dalam waktu sembilan bulan, target itu telah terpenuhi dengan rekor 486.656 wisatawan pada awal September 2017 ini. Tahun 2016, Baturraden tercatat dikunjungi 300 ribu wisatawan.

“Target pendapatan Rp 6,5 miliar bisa didapat hanya dalam waktu 9 bulan. Cukup kaget juga. Ternyata semakin banyak masyarakat yang mengenal Lokawisata Baturraden,” jelasnya.

Tingginya kunjungan Lokawisata Baturraden tak lepas dari promosi yang gencar dilakukan oleh pengelola wisata. Selain itu, ia pun menilai efek promosi yang dilakukan oleh wisatawan dari media sosial juga amat besar. “Mereka berfoto-foto, selfie-selfie, kemudian diunggah ke media sosial. Itu jadi promosi yang ternyata efektif juga,” ucapnya.

Lokawisata Baturraden terus menambah berbagai fasilitas untuk menarik wisatawan. Sejumlah wahana yang benar-benar baru dan kekinian. Antara lain, wahana kereta gantung dan sepeda gantung. “Ini lebih menyasar ke anak muda. Jadi kita lengkap, dari anak-anak sampai untuk dewasa. Ada pancuran pitu, kebun binatang, taman pintar,” tambahnya.

Lokawisata Baturraden dari tahun ke tahun bakal bertambah. Sebabnya, Baturraden memiliki keunikan yang jarang dimiliki objek wisata lainnya. Misalnya, dari sisi letak yang berada persis di lereng Gunung Slamet yang legendaris. Objek Wisata Pancuran Pitu juga sukar dicari duanya. “Tapi, kami juga akan terus mengembangkan wahana-wahana baru agar Baturraden tidak mengalami titik jenuh,” katanya. (*/BBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here