Lebaran, Kemenhub Usul Tarif Tol Free

0
465
Pintu Tol Paliaman (Foto: tempo.co.id)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengusulkan pembebasan tarif tol untuk mengurangi penumpukan saat puncak arus mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah. Namun pembebasan tarif tol itu setidaknya dapat dilakukan di tanggal dan jam-jam tertentu.

“Ide tol gratis ini baru diusulkan, belum tentu jadi. Harus didiskusikan terlebih dahulu dengan pemangku kepentingan yang lain, terutama pengelola tol,” kata Kepala Subdirektorat Angkutan dan Multimoda Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Toto Noerwicaksono, Kamis (19/5/2016).

Menurutnya, usulan itu akan dikaji lebih mendalam, terutama dalam penerapannya, karena tarif tol yang berlaku saat ini telah diatur dalam kontrak antara Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR dan para operator. “Kalau (benar-benar) gratis kan bisa saja yang membayar tarif tolnya pemerintah dengan membebankan pada APBN, seperti mudik gratis misalnya. Tetapi kalau tidak bisa gratis ya kita juga tidak bisa memaksakan,” ungkapnya.

Pada tahun 2016, Kemenhub memprediksi jumlah mobil pribadi yang akan digunakan para pemudik akan meningkat menjadi hampir 2,5 juta dari sebelumnya sekitar 2,3 juta pada tahun 2015. Jumlah armada bus pada tahun 2016 bertambah 1.607 bus menjadi 46.478 bus dari sebelumnya 44.871 bus pada tahun 2015. (*/IN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.