Lebaran di Sumbar, Presiden Tinjau Obyek Wisata Danau Kembar

0
929
Danau Kembar Solok Sumbar (Foto: http://toursumbar.info)

PADANG, test.test.bisniswisata.co.id: Kabupaten Solok Sumatera Barat (Sumbar) punya destinasi wisata yang unik dan menarik. Danau kembar yakni Danau Di atas dan Danau Di bawah. Kedua danau terhampar saling berdekatan. Satu danau terletak lebih tinggi dari yang lainnya. Uniknya, danau yang lebih tinggi justru disebut sebagai Danau Di Bawah sementara yang lebih rendah disebut Danau Di Atas.

Di Danau kembar yang berhawa dingin, sejuk juga memiliki panorama yang indah. Selain bisa melihat Gunung Api Talang yang masih aktif, juga memiliki agro tourism yang luas dan khas seperti perkebunan teh, bunga dan markisa.

Karena itu, Presiden Joko Widodo dan keluarga yang dijadwalkan merayakan Idulfitri di Padang, Sumatra Barat, menyempatkan meninjau danau kembar itu.

“Benar, sesuai jadwal protokol Istana, rombongan Presiden Jokowi akan melakukan perjalanan darat sejauh 65 kilometer untuk melihat keindahan panorama Danau Diatas dan Danau Dibawah bahkan memberikan paket sembako di Pasar Alahan Panjang Kabupaten Solok,” ungkap Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sumatra Barat, Ali Asmar di Padang, Senin (04/07/2017).

Dijelaskan Presiden Jokowi Jokowi datang ke Padang pada Senin (4/7/2016) di Bandara Internasional Minangkabau. Dilanjutkan berbuka puasa di Hotel Ina Muara di Kota Padang dan salat tarawih di Masjid Nurul Iman, Padang. Selesai tarawih Presiden akan membagikan bingkisan sembako kepada kaum duafa di masjid Al Mukaromah di Bundaran Muaro Padang.

“Kenapa Pak Jokowi memilih berlebaran di Sumatera Barat bersama keluarga, karena sebelumnya Pak Jokowi pernah berjanji akan berlebaran di sini. Dulu rencananya saat Idul Adha tahun lalu,tetapi batal, hanya 2 ekor sapi sumbangan Pak Jokowi yang tiba di Padang,” ungkapnya.

Ali mengatakan, Presiden Jokowi juga ingin melihat kondisi masyarakat di Sumatra Barat. Pada Selasa (5/7/2016), Jokowi akan membagikan bingkisan sembako untuk kaum duafa di pantai Muaro Lasak dan masjid di Indarung, Lubuk Kilangan, Kota Padang.

Kemudian, rombongan Jokowi akan melakukan perjalanan darat sejauh 65 kilometer untuk melihat keindahan panorama Danau Diatas dan Danau Dibawah dan memberikan paket sembako di Pasar Alahan Panjang Kabupaten Solok. Presiden akan salat zuhur di Masjid Ummi Alahan Panjang dan kembali ke Padang.

Paket sembako yang dibagikan Presiden masing-masing berisi 5 kilogram beras, gula, minyak goreng, kopi, dan teh. Sebanyak 5.000 paket sembako akan dibagikan di lima lokasi, masing-masing 1.000 paket di satu lokasi. Penerimanya kaum duafa dan nelayan miskin.

Selasa (5/7/2016) malam, Presiden akan menghadiri malam takbiran di halaman kantor Gubernur, Jalan Sudirman. Takbiran direncanakan akan dihadiri ribuan orang yang didatangkan dari 11 kecamatan di Kota Padang. “Nanti akan ada arak-arakan dan acara budaya mengantarkan makanan kepada pimpinan dari masyarakat kesebalas kecamatan, di sana takbiran akan dipimpinan oleh presiden,” kata Ali.

Rabu (6/7/2016), Presiden akan salat Ied di Masjid Raya Sumatera Barat di Jalan Khatib Sulaiman. Diperkirakan lebih dari 10 ribu warga akan ikut salat di masjid yang terkenal dengan arsitektur “Bagonjong” khas Rumah Adat Minang. Masjid yang baru selesai dibangun itu berkapasitas hingga 10 ribu mulai dari lantai dasar, lantai 1, dan lantai 2. “Bila cuaca cerah, salat Ied akan diadakan di halaman masjid hingga ke jalan raya,” sambungnya. (*/BIO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.