Lebaran, Cilacap Targetkan 200 Ribu Wisnus

0
1649

CILACAP, test.test.bisniswisata.co.id: DINAS Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Cilacap, Jawa Tengah menargetkan sebanyak 200.000 wisatawan nusantara (Wisnus) di sejumlah objek wisata. Itu saat libur Lebaran 2015.

“Target tersebut tersebar di Pantai Teluk Penyu, Benteng Pendem, Pantai Widarapayung, dan Pantai Jetis bisa 150.000-an wisatawan. Sementara dari objek wisata pendukung seperti Pemandian Air Panas Cipari, Curug Cimandaway, dan sebagainya masing-masing bisa berkisar 10.000-15.000 pengunjung,” jelas Kepala Dinparbud Cilacap Indar Yuli Nyataningrum di Cilacap, Jumat (26/06/2015).

Ia mengatakan, oleh karena itu pihaknya telah melakukan berbagai persiapan guna menyambut musim libur Lebaran 2015 dan mencapai target kunjungan wisatawan tersebut. Ia menjelaskan, pohaknya sedang menata dan melengkapi sarana-prasarana pendukung objek wisata.

Terkait upaya untuk menarik kunjungan wisatawan, ia mengatakan pihaknya bakal menggelar berbagai atraksi hiburan selama libur Lebaran 2015. “Untuk objek-objek wisata di wilayah timur seperti Pantai Jetis, Pantai Ketapang Indah, dan Pantai Widarapayung bakal ada pergelaran musik dangdut selama satu pekan setelah lebaran,” jelas dia.

Menurut dia, khusus pergelaran dangdut di Pantai Ketapang Indah dengan melibatkan pihak ketiga itu bakal menampilkan Orkes Melayu (OM) Palapa dari Jawa Timur. Sementara di objek wisata pantai lainnya, kata dia, bakal menampilkan grup-grup dangdut lokal.

Selain itu, lanjut dia, berbagai atraksi kesenian tradisional juga bakal ditampilkan di objek-objek wisata selama libur Lebaran 2015. “Kami optimistis target kunjungan wisatawan sebanyak 200.000 orang selama libur lebaran dapat tercapai,” kata dia.

Destinasi wisata Cilacap memang memiliki perpaduan budaya Sunda dan Jawa Barat karena berada di perbatasan kedua provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat. Letaknya yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia membuat kabupaten ini menyimpan potensi wisata laut dan pantai yang menarik.

Cilacap juga mempunya objek wisata lainnya yang tak kalah menarik. Walaupun memiliki potensi kekayaan laut yang sangat kaya, namun sektor ini belum dimanfaatkan dengan maksimal oleh masyarakat Cilacap.

Tempat Wisata Di Cilacap Jawa Tengah Yang Menarik :

01. Pulau Nusakambangan

Pulau Nusakambangan mempunyai sebutan sebagai pulau penjara. Di pulau inilah para narapidaha kasus besar seperti korupsi dan pembunuhan diasingkan. Pulau ini terletak di sebelah selatan Cilacap yang dipisahkan oleh anak Segara Anakan dan daratan Pulau Jawa. Pulau ini bisa diakses menggunakan kapal nelayan dari Teluk Penyu dengan jarak tempuh selama 10 menit. Ketika masuk dan berjalan di jalanan setapak pulau ini, anda bisa merasakan sensasi alam yang indah dan udara yang masih segar. Daya Tarik wisata yang dimiliki oleh pulau ini adalah hutan cagar alam, keindahan batu karang, hutan belantara, gua, benteng, serta pantai. Benteng pertahan Belanda yang bisa anda temukan di pulau ini adalah benteng Karang Bolong dan Benteng Pendem, sementara pantai nya yang indah adalah Pantai Karang Pandan.

02.Teluk Penyu

Teluk penyu merupakan objek wisata pantai andalan Kota Cilacap yang hanya berjarak 2 kilometer dari Kota Cilacap. Anda akan mendapatkan sebuah pantai dengan ombak yang sangat besar dan udaranya sejuk karena pantai menjorok ke Samudra Hindia. Pantai nya membujur dari pelabuhan perikanan Samudra Cilacap hingga Pulau Nusakambangan. Dari tempat ini anda dapat melihat secara jelas pulau Nusakambangan di depannya dan juga pelabuhan Tanjung Intan tempat berlabuh dan keluar masuknya kapal kapal Tanker. Anda juga dapat menyaksikan banyak perahu perahu nelayan di sekitar pantai dan bisa membeli hasil tangkapan mereka. Jika anda ingin mencicipi kuliner seafood anda bisa mencobanya di resto resto yang berada di sepanjang pantai. Terdapat banyak toko souvenir yang menjual berbagai kerajinan laut yang terbuat dari kerang dan ikan asin kering maupun basah.

03.Kampung Laut

Kampung Laut merupakan tempat yang patut dikunjungi bagi pencinta kuliner seafood karena di kampung ini merupakan tempat berkembangnya lobster dan kepiting Gemes. Untuk menuju kampung ini kita harus melewati Nusa Kambangan dan Hutan Bakau terlebih dahulu. Kampung ini terdiri dari rumah rumah yang berdiri di atas laut anak Segara. Objek wisata yang bisa anda nikmati di kampung ini adalah hutan bakau, fauna laut, dan Gua Karst. Selain itu anda juga bisa belajar dengan mengamati pola dan gaya hidup masyarakat yang hidup di atas perairan laut.

04.Benteng Karang Bolong

Benteng Karang Bolong merupakan salah satu situs bersejarah di Kabupaten Cilacap. Benteng ini dulunya difungsikan oleh pemerintah Belanda untuk pertahanan terhadap musuh yang menyerang kapal kapal mereka. Selain sebagai benteng pertahanan, tempat ini juga berfungsi sebagai gudang untuk menampung berbagai keperluan logistik tentara Belanda. Benteng ini memiliki luas sekitar 6000 m2 dan memiliki 4 lantai. 2 lantai berada di atas permukaan tanah sedangkan 2 lantai di bawahnya berada di bawah tanah. Ketika memasuki Benteng, kita akan menemukan meriam Belanda yang masih utuh dalam benteng ini. Selain itu di dalam benteng ini juga terdapat ruang penyiksaan, ruang penjara, ruang senjata, ruang prajurit , dan ruang logsitik. Dan benteng ini juga memiliki lobang lobang yang berfungsi untuk mengintai musuh.

05.Gunung Srandil

Gunung Srandil adalah salah satu objek Ziarah yang dimiliki oleh Kota Cilacap, anda bisa mencoba menaiki Gunung Srandil. Gunung ini terletak di Glempangpasir, Kecamatan Adipata atau berjarak 30 kilometer dari Kota Cilacap. Anda bisa menggunakan transportasi umum yakni bus dengan jurusan Cilacap – Jatijajar – Kebumen. Objek wisata ini bukan hanya mendapat kunjungan dari warga lokal saja tapi banyak wisatawan dari luar juga ikut beramai ramai untuk melakukan Ziarah ke tempat ini. Selain berziarah biasanya pengunjung juga bertapa pada malam selasa Kliwon atau Jum’at Kliwon pada bulan Syura. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.