Lebaran 2016, Penumpang Kereta Api Diprediksi Naik 5 %

0
1243
Kereta api (Foto: adibaduts.wordpress.com)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: PT Kereta Api Indonesia (KAI), mengakui pemudik Lebaran yang meminati kereta api sebagai moda transportasi terus meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan selalu membeludak mendekati hari H. Lebaran 2016, diprediksi jumlah penumpang berkisar 5,1 juta orang hingga 5,3 juta orang.

“Prediksi kami terjadi kenaikan jumlah penumpang tiga sampai lima persen,” papar Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro di Stasiun Pasar Senen Jakarta, Senin, 13 Juni 2016.

Menurut Edi, untuk mengatasi lonjakan jumlah penumpang para arus mudik maupun arus balik lebaran 2016, PT KAI akan menambah armada. Namun, penambahan armada sangat bergantung dari ketersediaan armada yang ada. “Penambahan bisa dilakukan bila stok armada masih ada,” kata dia.

Penambahan armada kereta api tidak seperti pesawat terbang yang bisa datangkan armadanya dari luar negeri. Dan untuk mengatasi jumlah penumpang lebaran 2016, PT KAI menambah 38 rangkaian kereta api. Dengan begitu, total kereta api yang akan beroperasi pada masa mudik lebaran sekitar 1.600 armada. Adapun pada lebaran 2015 dioperasikan 34 rangkaian kereta api tambahan.

PT KAI memprediksi puncak arus mudik dan arus balik lebaran 2016 terjadi pada 3 Juli-10 Juli 2016. Hingga H-12 Lebaran, 85 persen tiket sudah terjual. Sementara untuk H+1 hingga H+17 tiket sudah terjual 65 persen. (*/TMP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.