Lebaran, 11 Desttinasi Wisata Jakarta Layak Dikunjungi

0
1555

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Lebaran sebentar lagi. Mereka yang memiliki kampung halaman di Jakarta dan sekitarnya, atau yang tidak mudik, memiliki kesempatan lebih untuk menikmati tempat-tempat wisata dan rekreasi yang biasanya jarang dikunjungi karena rutinitas sehari-hari.

Ada sebelas destinasi wisata yang bisa jadi pilihan bagi masyarakat saat menghabiskan waktu musim liburan yang Lebaran di Jakarta, setelah bersilahturahmi dengan sanak keluarga. Kesebelas obyek wisata di Jakarta antara lain,

1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Tempat ini ramai pada saat-saat seperti Lebaran. Namun biasanya, saat Lebaran, pengelola TMII membuat sebuah acara dengan tema tertentu sehingga pengunjung tidak hanya menikmati beragam fasilitas dan anjungan di sana. Seperti yang diadakan pada Lebaran tahun 2014, ada acara hiburan serta kesenian di beberapa anjungan seperti anjungan Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Sumatera Barat. Ada pula acara untuk anak-anak seperti acara Panggung Istana Anak-anak Indonesia, Sisingaan Cilik, musik marawis, hingga atraksi sulap dan badut.

2. Taman Margasatwa Ragunan

Kebun Binatang Ragunan merupakan salah satu destinasi favorit warga Jakarta saat Lebaran. Pada tahun 2014, kunjungan tertinggi di Ragunan terdapat pada hari ketiga Lebaran dengan total pengunjung mencapai 167.123 orang. Tempat ini cocok untuk memperkenalkan dan memberi wawasan tentang beragam jenis binatang kepada anak-anak dan anggota keluarga lainnya. Salah satu kegiatan menarik yang bisa diikuti oleh anak-anak adalah memberi makan binatang di sana, tentunya dengan pendampingan dari pawang di sana.

3. Ancol Taman Impian

Ancol kaya akan wahana hiburan dan rekreasi. Pengunjung bisa menghabiskan waktu seharian dengan mendatangi sejumlah wahana unggulan, seperti Dunia Fantasi (Dufan), Gelanggang Samudera, Sea World, Pantai Festival, dan sebagainya. Biasanya pada waktu libur Lebaran, ada promo yang ditawarkan sehingga tiket masuk bisa lebih murah.

4. Gugusan Kepulauan Seribu

Bosan dengan wisata yang itu-itu saja? Anda bisa coba menyeberang ke Kepulauan Seribu. Ada sejumlah pulau yang cukup tenar di kalangan wisatawan, seperti Pulau Pramuka, Tidung, Sabira, Bidadari, Pari, dan Semak Daun. Wisata di pulau rata-rata menawarkan pemandangan indah, wisata bawah air, dan wisata lainnya seperti keliling pulau dengan sepeda dan naik banana boat.

5. Monumen Nasional (Monas)

Monumen Nasional (Monas) merupakan icon kota Jakarta. Monas merupakan sebuah tugu yang memiliki sejarah dan melambangkan semangat perjuangan, yang sekarang menjadi tempat wisata popular di Kota Jakarta. Tugu Monas yang terletak di pusat Kota Jakarta ini sangat menarik bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Monas didirikan pada tahun 1959 dan diresmikan dua tahun kemudian pada tahun 1961. Monas selalu ramai dikunjungi wisatawan…

6. Setu Babakan

Setu Babakan atau Danau Babakan berlokasi di Jagakarsa. Tempat ini khusus ditujukan untuk pelestarian dan kemajuan seni dan budaya Betawi – penduduk asli Jakarta. Di sini berbagai kesenian dan pertunjukan budaya Betawi ditampilkan secara reguler. Juga dapat melihat rumah Betawi asli, menyaksikan upacara tradisional, menikmati banyak kuliner khas Betawi, dan bersantai di tepian danau yang menyejukkan.

7. Museum Wayang

Museum ini menampilkan sejumlah besar koleksi wayang dari berbagai penjuru Indonesia, yang terbuat dari berbagai jenis material, seperti kulit, kayu, dan kain. Terdapat pula sejumlah koleksi wayang dari berbagai negara di Asia, termasuk Cina dan Kamboja. Secara keseluruhan terdapat sekitar 4000 koleksi wayang yang ada di Jl. Pintu Besar Utara No.27, Pinangsia, Jakarta Barat.

8. Museum Sejarah Jakarta

Museum Sejarah Jakarta menempati Stadhuis lama, yang dulunya adalah kantor Gubernur Jendral Hindia Belanda yang berlokasi di kawasan Batavia Lama. Gedung ini dibangun atas perintah Gubernur Jendral Johan Van Hoorn, dan digunakan sebagai gedung pemerintahan pada tahun 1707-1710. Pada tahun 1974, gedung ini dialihfungsikan menjadi Museum Sejarah Jakarta sebagai tempat penyimpanan rekaman sejarah berdirinya kota Jakarta sejak tahun 1527.

9. Museum Seni Rupa & Keramik

Museum ini menyimpan banyak koleksi keramik dan kerajinan patung dari berbagai tempat di Indonesia, termasuk juga koleksi yang memiliki nilai historis dalam skala internasional. Pada tahun 1972, museum yang ada di jalan Pos Kota No.2, Jakarta Barat ini, didirikan sebagai bentuk perlindungan terhadap bangunan historis di Indonesia.

10. Museum Bahari

Museum Bahari adalah museum yang menyimpan koleksi yang berhubungan dengan kebaharian dan kenelayanan bangsa Indonesia dari Sabang hingga Merauke yang berlokasi di seberang Pelabuhan Sunda Kelapa. Museum adalah salah satu dari delapan museum yang berada di bawah pengawasan dari Dinas Kebudayaan Permuseuman Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

11. Taman Suaka Margasatwa Muara Angke

Taman ini adalah sebuah area konservasi hutan bakau di pantai utara Jakarta. Pada 17 Juni 1939, tempat ini didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda sebagai sebuah lembaga konservasi alam di atas area seluas 15,04 hektar. Dalam perkembangannya, luas wilayah area ini meluas menjadi 1.344,62 hektar pada tahun 1960-an. Sebagai lahan konservasi hutan bakau terakhir di Jakarta, SMMA, yang memiliki area konservasi seluas 25,02 hektar, merupakan garda pertahanan terakhir kota Jakarta dalam melawan abrasi air laut dan gelombang pasang, serta berfungsi pula sebagai paru-paru kota dan area pengalihan arus banjir.
([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.