Layani Turis Tiongkok, Pemerintah Buat Sekolah Vokasi Khusus

0
485
Turis Tiongkok (Foto: LIputan6.com)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendi‎ menegaskan Pemerintah sepakat membuat sekolah vokasi khusus di Sulawesi Selatan untuk melayani wisatawan dari Tiongkok. Mengingat wisatawan asal negeri Shiolim ke Indonesia, mengalami grafik kenaikan yang pesat pasca dibukanya jalur penerbangan langsung, sekaligus promosi wisata Indonesia ke China sangat gencar.

“Pendirian sekolah vokasi khusus ini akan berada di Provinsi Sulawesi Selatan. Saya sudah bicara dengan Gubernur Sulawesi Selatan, nanti di salah satu kotanya kita akan SMK khusus yang lulusannya kita siapkan untuk melayani wisatawan dari Tiongkok,” kata Menteri Muhadjir dalam Rakernas Kamar Dagang dan Industri (Kadin) di Hotel Sari Pan Pasifik, Jakarta, Senin (21/11/2016).

Menteri Muhadjir‎ melanjutkan, nantinya sekolah vokasi ini akan mendapat pendidikan mulai dari bahasa Tiongkok, bagaimana beradaptasi dengan dengan budaya Tiongkok, hingga memasak masakan Tiongkok. “Nanti akan kita mulai di 2017. Bahkan nanti murid-muridnya akan kita kirim ke Tiongkok khusus, agar nanti saat masuk ke dunia kerja dia punya kompetensi khusus,” terangnya.

Wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi Selatan pada 2015 sebanyak 7 juta orang. Jumlah ini melampaui target pemerintah daerah yang saat itu hanya 5,5 juta. Untuk lebih memaksimalkan penerimaan devisa dan perputaran ekonomi di sektor ini, pemerintah provinsi Sulsel juga meningkatkan upayanya dalam mendatangkan wisatawan. Salah satunya adalah membuka penerbangan langsung dari Makassar ke beberapa kota di Tiongkok. (*/LEO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here