Larangan Penjualan Minuman Alkohol Jangan Matikan Pariwisata

0
675

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Mulai hari ini, Kamis (16/4) Kementerian Perdagangan (Kemdag) telah resmi melarang penjualan minuman beralkohol (minol) atau bir di minimarket lewat Permendag No 6/M-DAG/PER/1/2015. Minol tersebut nantinya hanya akan dijual di supermarket dan hypermarket dengan persayaratan khusus.

Terhadap pelarangan minol tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengharapkan larangan ini tidak mematikan bisnis pariwisata di DKI Jakarta. Ia mengatakan, wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Jakarta sudah terbiasa mengkonsumsi minol dalam kehidupan mereka sehari-hari.

“Jangan sampai mematikan pariwisata. Bir atau minol itu bagi orang asing kan bukan hal yang terlarang dan mereka biasa karena hawanya dingin di negaranya,” kata Djarot di Balai Kota DKI, Jakarta, Kamis (16/4).

Baginya, pelarangan minol di minimarket hanya untuk membatasi distribusi dan peredaran minol dalam kehidupan masyarakat, bukan melarang untuk tujuan menghilangkan minol di Jakarta.

“Dibatasi kan bukan dilarang. Coba kita lihat, aku belum cek ke minimarket. Untuk Permendag, saya belum baca. Tapi minimarket basic-nya tidak boleh untuk menjual minuman beralkohol, termasuk bir. Dan itu hanya bisa dijual di hypermarket, tapi di minimarket dilarang. Kita lihat nanti, coba besok atau nanti saya cek,” ujarnya.

Terkait prediksi akibat pelarangan minol tersebut akan membuat pendapata DKI merosot tajam hingga Rp 45 miliar pertahun, mantan wali kota Blitar ini belum dapat memastikannya. Hotel, restoran dan kafe masih diizinkan untuk menjual minol kepada para tamunya, sehingga bisnis minol masih bisa terus berjalan di Jakarta.

“Belum tahu. Itu masih prediksi. Karena hotel-hotel kan masih tetap, restoran-restoran, cafe juga masih. Pelarangan itu kan bukan hanya untuk Jakarta. Artinya, perusahaan bukan memproduksi untuk konsumsi di Jakarta, tapi juga bisa ke Bali, Sulut. Nanti kita lihat,” tuturnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.