Laporan Anak Hilang & Kecopetan Warnai Lebaran H+2 di Ibukota

0
684
Monas dipadati turis lokal (Foto: antara)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Pengunjung Kebun Binatang Ragunan di Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Lebaran kedua, Kamis (7/7/2016) benar-benar membludak. Data yang diperoleh hingga pukul 16.00 WIB tidak kurang dari 109.000 lebih pengunjung menyerbu Taman Margasatwa ini.

Akibat banyaknya pengunjung, beberapa orangtua mengaku ‘kehilangan’ anak yang diduga tercecer, teripisah bahkan hilang. Hingga pukul 13.00 ada 25 anak yang dilaporkan orangtuanya kepada pusat informasi.

Sebetulnya petugas informasi Kebun Binatang Ragunan melalui pengeras suara sudah berulang kali mengumumkan agar orangtua hati-hati menjaga anaknya supaya tidak tercecer atau terpisah Tidak hanya yang hilang, petugas informasi juga berulang kali mengumumkan penemuan anak.

Kapolsek Pasar Minggu, Kompol Zaky Alkazar Nasution menjelaskan ada 25 anak kehilangan orang tuanya. Namun sudah dapat kembali bersama keluarganya. Sementara Laporan Polisi (LP) ada empat kasus kecopetan dompet maupun handphone.

Memang jumlah pengunjung Ragunan pada hari kedua Idul Fitri meningkat delapan kali lipat dibandingkan harti pertama Lebaran, papar Humas Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang di Jakarta, Kamis (7/7).

Dijelaskan, saat ini pengunjung tak perlu berlama-lama mengantre di loket untuk membeli tiket sebab bisa menggunakan kartu bernama Jakcard. “Tinggal tap (sentuhkan) kartunya bisa langsung masuk,” katanya.

Jakcard juga dapat digunakan bayar bus Transjakarta, dan e-parking. Hari ketiga Lebaran jumlah pengunjung Ragunan diperkirakan masih tinggi dan puncaknya Sabtu Minggi. “Jumlahnya diprediksi akan terus bertambah, puncak keramaianubiasanya pada hari kedua dan hari ketiga Lebaran” katanya sambil menambahkan pada Rabu (6/7), sekitar 28.961 pengunjung lebih yang datang ke Ragunan.

Sementara Pengunjung Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Hari pertama Lebaran, tercatat kurang lebih 20.000 orang
“Lebaran hari kedua kurang lebih 45.000 pelancong,” ungkap Ketua Umum Panitia Pekan Lebaran TMII Diyono sambil berharap jumlah pengunjung terus meningkat hingga mencapai target 50.000 – 55.000 orang.

TMII memprediksikan puncak kunjungan wisatawan akan terjadi di akhir pekan. Sejumlah wahana favorit diperkirakan bakal diserbu pengunjung, antara lain Taman Legenda atau Taman Dinosaurus, Mata Legenda, dan Sky World. “Ada laporan anak hilang, ya satu dua orang tapi sudah kembali ke orang tuanya,” katanya

Liburan lebaran ini, pengelola TMII menargetkan pengunjung hingga 300 ribu orang. Selain anjungan provinsi-provinsi di Indonesia, akan ada hiburan lain seperti kesenian rakyat dan musik leyeh-leyeh di panggung dermaga. Musik Koes Ploes dan Gambang Kromong di panggung Walls, kolaborasi Reog Ponorogo dan Wayang Kulit Madya di panggung Candi Bentar dan sebagainya.

Saat ini tiket tanda masuk naik dari Rp 10 ribu menjadi Rp 15 ribu per pengunjung. Kenaikan tiket berlaku mulai tanggal 6-17 Juli. Sedangkan untuk kendaraan tidak mengalami kenaikan. Untuk mobil Rp 10 ribu per mobil, sepeda motor Rp 6.000 dan bus Rp 30 ribu.

Taman rekreasi lainnya, Tugu Monumen Nasional (Monas) yang masih menjadi magnet bagi wisatawan lokal. Hari kedua Lebaran, terjadi peningkatan pengunjung dibandingkan Hari Pertama Lebaran. “Sampai pukul 15.00 WIB, tercatat jumlah pengunjung sebesar 9.897 orang. Hari pertama Lebaran cuma 9.400 orang,” kata Kepala Pengelola Monas Sabdo Kurnianto, Kamis (7/7/2016).

Sabdo memprediksi puncak peningkatan pengunjung akan terjadi di akhir pekan. Rata-rata dalam satu hari, pengunjung Monas dapat mencapai 3.000-4.000 orang.

Kawasan wisata Kota Tua, Taman Sari, Jakarta Barat juga dipadati warga yang sedang menikmati libur lebaran, Kamis (7/7). Mereka memilih berwisata untuk menikmati kawasan yang dibangun pada zaman kolonial tersebut. Sebagian pengunjung asyik berfoto selfie di depan gedung bersejarah, meriam atau dengan pemeran sejumlah tokoh seperti Jenderal Sudirman, dan sebagainya.

Warga juga bisa berwisata keliling di halaman Museum Fatahillah dengan menyewa sepeda ontel. Bahkan ada yang menikmati berbagai kuliner dengan harga yang terjangkau.

UPK Kota Tua selaku pengelola kawasan wisata mendirikan dua tenda perpustakaan yang dapat digunakan pengunjung untuk membaca seputar sejarah Ibukota. Diprediksi turis lokal yang datang ke kawasan Kota Tua mencapai 5.000 orang pada Lebaran hari kedua, sementara lebaran pertama hanya 2.000 orang.

Hari kedua Lebaran tempat rekreasi Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara masih menjadi pilihan masyarakat menghabiskan liburan bersama sanak keluarganya. Tercatat 96.100 ribu lebih pengunjung memadati pantai dan wahana permainan, Kamis (7/7).

Jumlah pengunjung tersebut membludak jika dibandingkan tahun lalu pada jam yang sama mencapai 90 ribu. Sebagian besar pengunjung bersantai di bibir Pantai Ancol sambil bercengkrama dengan keluarganya. Pengunjung yang datang menikmati liburan masih berasal dari wilayah Jabodetabek.

Target pengunjung libur lebaran dari tanggal 6-16 Juli sebanyak 870.000 orang. “Untuk pengunjung hari Lebaran pertama sekitar enamribu, juga mengalami peningkatan,” ujar kata Manager Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk, Rika Lestari. (endy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.