Lampung Pikat Wisatawan dengan Gitar Klasik

0
835

BANDARLAMPUNG, test.test.bisniswisata.co.id: Ada-ada saja pikat wisatawan agar datang ke destinasi wisata dengan strategi berbeda. Buktinya, Pemerintah Kota Bandarlampung menjadikan gitar klasik Lampung sebagai sarana untuk memikat wisatawan berkunjung ke ibu kota Provinsi Lampung ini.

Untuk mencari bibit baru pemain gitar klasik Lampung, Pemkot Bandarlampung menggelar acara minum kopi gratis berikut kontes gitar klasik di Tugu Adipura. Pemenang acara ini mendapat Piala Kapolda dan Piala Bergilir Wali Kota Bandarlampung.

Sebanyak 140 peserta mengikuti kontes gitar klasik Lampung yang berlangsung selama tiga hari sejak Jumat (15/4) hingga Minggu (17/4). Lomba serupa terakhir kali digelar 40 tahun lalu.

“Saat ini, pemain gitar klasik Lampung sudah sangat jarang, bahkan banyak yang telah lanjut usia,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Periwisata (Disbudpar) Kota Bandarlampung Yus Amri, di Bandarlampung, seperti diberitakan Antara, Senin (18/04/2016).

Selain mencari bibit pemain gitar klasik, kontes ini merupakan upaya melestarikan kebudayaan Lampung dan menjadikannya lebih dikenal masyarakat. Selain itu, ini salah satu upaya menegaskan identitas Lampung sebagai tanah kopi dan lada.

Kopi Lampung, ujar Yus Amri, harus disediakan di setiap hotel di Lampung agar makin dikenal wisatawan dan berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat.

“Ke depan kami akan buat titik ngopi gratis di Tugu Adipura dan Plaza Pos. Kita seharusnya malu bahwa Lampung penghasil kopi nomor dua nasional, tapi tidak ada warung kopi khasnya,” kata Wali Kota Bandarlampung Herman HN. (*/a)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here