Lampung Miliki 350 Destinasi Wisata Dikunjungi 5 Juta Wisatawan

0
1526
Wisatawan asing lihat panorama Krakatau Lampung (foto: istimewa)

BANDARLAMPUNG, test.test.bisniswisata.co.id: BISA jadi Lampung memiliki destinasi wisata yang sangat banyak, sangat bervariasi dan sangat diminati wisatawan. Saat ini, Lampung memiliki 350 objek wisata yang tersebar di 15 kabupaten dan kota. Destinasi wisata itu ada taman hiburan umum, peninggalan sejarah, wisata alam dan tirta, budaya, religi, agro, bahari, dan wisata buatan.

“Juga dari tahun ketahun tingkat kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang ke Lampung semakin meningkat. Tahun 2015 jumlah kunjungan wisatawan mencapai 5 juta dari domestik maupun mancanegara. Jumlah, ini lebih tinggi dibandingkan 2014 hanya 3,5 juta wisatawan,” papar Kepala Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung Choiria Pandarita di Bandarlampung, Kamis kemarin.

Target 2016, sambung dia, jumlah kunjungan wisatawan harus lebih banyak di bandingkan tahun – tahun sebelumnya, dan ditargetkan mengalami kenaikan 20 persen atau sekitar 6-7 juta wisatawan dibandingkan tahun 2015. “Kami optimis target itu tercapai, mengingat hampir 90 persen wisatawan lokal dan regional setiap akhir pekan, akhir tahun dan libur panjang pasti memadati wisata pantai juga destinasi wisata lainnya,” paparnya.

Selain itu, tambah Choiria, peran masyarakat terus digugah untuk membangkitkan pariwisata Lampung, karena tingkat kesadaran masyarakat terhadap sadar wisata masih sangat rendah. Padahal pariwisata mampu meningkatkan ekonomi masyarakat, menambah tenaga kerja baru.

Menyinggung banyaknya destinasi wisata di Lampung, Choiria menjelaskan jumlah objek wisata itu tersebar di kabupaten dan kota. Objek wisata paling banyak terdapat di Kabupaten Tanggamus dengan 77 objek wisata. Selain itu, Kabupaten Waykanan dengan 59 objek wisata, diikuti Lampung Utara dengan 47 objek wisata. Sebagian besar objek wisata di Kabupaten Tanggamus berupa objek wisata bahari dan alam tirta, sedangkan Kabupaten Waykanan sebagian besar wisata alam dan Lampung Utara didominasi dengan peninggalan sejarah dan panorama alam.

Di sisi lain menurutnya, Pemerintah Provinsi Lampung terus berupaya melestarikan kuliner dan kesenian khas Lampung, salah satu upayanya dengan mempromosikannya agar dikenal masyarakat melalui hotel-hotel ternama di daerah itu. (*/e)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.