Lampu Tenaga Surya Schneider Cocok bagi Wisatawan Alam

0
1160

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Schneider Electric, perusahaan global bidang pengelolaan energi meluncurkan Mobiya portable solar lantern atau lampung tenaga surya yang ramah lingkungan. Lampu tenaga surya sangat cocok dan tepat bagi wisatawan yang suka menjejalah alam, juga wisata fishing, snorkling dan diving.

Tak bisa dipungkiri, hemat energi dengan energi terbarukan kini menjadi perhatian warga dunia, termasuk wisatawan yang suka jelajah alam. Juga semakin hari, masyarakat dunia, termasuk Indonesia mulai menyadari pentingnya mengusung konsep green living. Hal ini mereka terapkan dengan menggunakan produk-produk elektronik yang ramah lingkungan.

Kini, penggunaan energi khususnya energi listrik di Indonesia meningkat pesat, sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dan pertambahan penduduk. Untuk memenuhi kebutuhan energi yang terus meningkat tersebut, dikembangkan berbagai energi alternatif, di antaranya energi terbarukan.

Energi surya merupakan salah satu energi terbarukan yang sedang giat dikembangkan saat ini oleh pemerintah Indonesia karena sebagai negara tropis, Indonesia mempunyai potensi tenaga surya yang cukup besar, kata Mateus Bernath, Vice President Partner Retail Business – Schneider Electric Indonesia saat peluncuran Mobiya di Jakarta, kemarin.

Mateus melanjutkan peluncuran Mobiya merupakan salah satu bentuk upaya Schneider Electric untuk mendorong dan mensosialisasikan penggunaan tenaga surya di level residensial maupun komersial.

Lampu portable yang dilengkapi dengan unit panel surya itu berfungsi sebagai penerang, memiliki fitur charger untuk ponsel dengan tersedianya port USB yang terintegrasi. Lampu itu memiliki 3 tingkat keterangan, dan dapat menyala selama 48 jam setelah panelnya di-charge di bawah matahari selama satu hari.

Mobiya telah memenangkan berbagai penghargaan internasional di bidang desain produk, seperti Grand Prix, Strategies Du Design 2013 dan European Design Awards, ungkapnya.

Lampu itu menggunakan baterai Lithium Ferro Phosphate yang dapat memberikan performa yang prima selama lebih dari 3 tahun. Pengontrol charging berbasis micro-controllernya memastikan proses charging yang efisien, mencegah over charge maupun deep discharge.

Selain itu, lanjut dia, fitur smart electronics untuk memonitor baterai menampilkan proses charging baterai, sisa baterai dan juga sinyal untuk recharging setelah baterai habis.

Beberapa keunggulannya antara lain: Pencahayaan yang cukup untuk menerangi kegiatan membaca atau kegiatan sehari-hari lainnya, Tahan air hingga kedalaman 0,5 meter selama 1 jam, juga Tahan banting dari ketinggian 1,5 meter.

Keunggulan lainnya, Lampu dapat mengapung apabila terjatuh di air, Dapat beradaptasi dengan berbagai cara pemasangan dan penggunaan dan tombol yang menyala dalam gelap untuk memudahkan mencari lampu di dalam kegelapan.

“Kini, konsumen bisa mendapatkan Mobiya seharga Rp 700.000. Mobiya sudah bisa dibeli di beberapa situse-commerce, seperti di Lazada, Elevania, Bukalapak, dan lainnya. Selain itu, kami sudah tersedia di 16 kota, namun belum terlalu massif,” sambungnya. (endy)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.