Lampu LED Terangi Wisata Alam Jakarta Utara

0
1593
Taman Wisata alam di Jakarta Utara

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: KONDISI wisata alam di kawasan Jakarta Utara, kini berbeda. Dulu sangat gelap, rawan kejahatan dan wisatawan tak nyaman pada malam hari. Kini suasana berbeda. Lebih cantik, lebih terang, lebih nyaman dan lebih aman. Sebanyak 11 titik lokasi wisata alam dipasangi lampu jenis Light Emitting Diode (LED).

Pemasangan lampu hemat energi dengan konsumsi watt listrik relatif kecil, namun pencahayaan lebih terang dibanding lampu neon itu dimaksudkan untuk menambah kenyamanan pengunjung yang datang ke obyek wisata alam pada malam hari.

“Penerangan jalan umum terhadap fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) seperti Taman, Hutan Kota, Waduk, merupakan arahan dari Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama,” papar Kepala Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Utara, Tuti Kurnia di Jakarta, Senin (02/11/2015)

Gubernur DKI Jakarta meminta penerangan di fasos dan fasum untuk meminimalisasi tindak kejahatan, sekaligus mempercantik kota. Harapannya, hal ini bisa membuat warga merasa aman dan nyaman di tempat publik. “Sepekan terakhir, kami sudah memasang lampu di 11 titik lokasi prioritas di wilayah Jakarta Utara‎, termasuk salah satunya Waduk Cincin yang letaknya ada di Kelurahan Papanggo (Kec. Tanjung Priok),” ujar Tuti.

Menurutnya‎, di lokasi tersebut pihaknya sudah memasang 21 lampu LED di Waduk yang pernah menjadi lokasi pengangkatan mantan Wali Kota Jakarta Utara, Heru Budi Hartono (Kepala BPKD Pemprov DKI Jakarta) oleh mantan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo & Ahok.

“Memang awalnya kami sudah pasang 10 lampu di waduk itu, namun setelah bapak kadis (Yuli Hartono) meninjau ke sana‎, kami tambah menjadi 21 unit lampu LED dan ditambah pula delapan unit lampu sorot,” tambah Tuti.

Pemasangan lampu di 11 titik tersebut ditargetkan sudah selesai dipasang hingga pertengahan Desember 2015 yang merupakan bagian dari target utama Sudin P&E Jakut untuk memasang ‎7.490 lampu hemat energi hingga akhir tahun.

“Masyarakat yang ingin mengadukan lampu penerangan yang padam atau perlu dipasang baru silakan langsung melapor ke Qlue, nanti langsung kami respons dengan cepat pemasangannya, paling lama dua hari kerja sudah kembali menyala lampunya,” sambungnya.

Sebelas lokasi wisata itu:
1. Hutan Kota Keliling Waduk Sunter Utara (Kelurahan Sunter Agung)
2. Hutan Kota Kemayoran (Kelurahan Pademangan Timur)
3. Hutan Kota Waduk Cincin ‎(Kelurahan Papanggo)
4. Hutan Kota Rawa Malang (Kelurahan Semper Timur)
5. Hutan Kota Rorotan (Kelurahan Rorotan)
6. Kawasan Ekowisata Tol Sedyatmo (Kecamatan Penjaringan)
7. Kebun Bibit Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Sukapura (Kelurahan Rorotan)
8. Kawasan Arboretum‎ (Kecamatan Penjaringan)
9. Kawasan Elang Laut (Kecamatan Penjaringan)
10. Hutan Kota Penjaringan (Kecamatan Penjaringan)
11. Cagar Alam Muara Angke‎ (Kecamatan Penjaringan)
([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.