Lagu Musisi Punk Perancis Berisi 43 Makanan Indonesia

0
1853

PERANCIS, BISNISWISATA.CO.ID: Keindahan tanah air Indonesia dari penjuru Sabang sampai Merauke memang tak perlu diragukan lagi. Banyak orang asing yang pada akhirnya tertarik untuk menjelajahi hingga menetap di negeri kita tercinta ini. Sementara orang Indonesia yang berduit lebih suka berwisata ke luar negeri ketimbang dalam negeri.

Tak luput juga seorang warga negara Perancis bernama Francois Xavier Renou alias Fransoa. Baru-baru ini, sosok yang sudah lama tinggal di Indonesia itu, mengunggah sebuah video musik bergaya band punk rock di YouTube dengan judul ‘Aku Lapar’.

Diunggah melalui akun YouTube Fransoa Indonesia pada 15 Januari 2015, terdengar jelas kalau lagu yang dibawakannya itu menyebutkan berbagai masakan khas Indonesia. “Lagu pertama di dunia dengan 43 masakan tradisional Indonesia saja!!! Lama hidup Indonesia!” klaim Fransoa.

Dari 43 makanan yang ada di dalam lirik lagunya, beberapa yang disebutkan oleh Fransoa antara lain adalah ayam bakar, tempe goreng, ikan asin, sayur lodeh, bakso, sayur ketupat, kerupuk, gado-gado, mie kocok, hingga nasi goreng. Setelah nama-nama makanan disebutkan, ia lalu menyanyikan reffrain lagu yang isi liriknya cuma, “Aku Lapar.”

Dijelaskannya juga di akun YouTube miliknya bahwa video Aku Lapar bukan ditujukan untuk hal-hal komersial. “Itu dibuat dengan cinta dan teman-teman dan bantuan sponsor dermawan,” tuangnya.

Tak hanya itu, Fransoa di dalam video tersebut berdandan ala personel grup band punk rock hingga wajahnya terkesan cukup menakutkan. Ia juga membuat ‘tato’ di tubuhnya sambil mengenakan baju rombeng.

Uniknya, ketimbang terlihat sangar, Fransoa malah berekspresi secara kocak layaknya seorang pelawak dan jauh dari imej vokalis band punk. Sehingga, video Aku Lapar ini menimbulkan nuansa yang sangat menggelitik.

Diketahui, Aku Lapar merupakan gubahan dari lagu Perancis ‘Ca Plane Pour Moi’ buatan komposer musik Lou Deprijck. Fransoa juga kerap mengambil inspirasi lagu populer Perancis tahun 1960an. Contohnya adalah karya dari penyanyi Clause Francois.

Klip lagu Aku Lapar sendiri dibuat di kafe The Bistrot di Seminyak, Bali. Di bagian akhir, Fransoa memberi ucapan terima kasih kepada semua timnya, termasuk staf kafe tersebut. Logo The Bistrot dan Make Up Atelier Paris juga muncul di awal dan akhir video.

Di akun YouTube miliknya, Fransoa juga pernah memparodikan lagu Mbah Dukun milik Alam serta menggarap video dari lagu-lagunya yang mengandung unsur komedi. Fransoa juga pernah memeriahkan industri perfilman Indonesia dengan tampil dalam film Udin Cari Alamat Palsu pada tahun 2012.

Fransoa sendiri bukanlah seorang musisi tulen, namun ia memiliki profesi sebagai pekerja di bidang perhiasan dan aksesori. Kecintaannya terhadap Indonesia yang membuat Fransoa menulis berbagai lagu-lagu unik dan menyanyikannya sendiri dalam bahasa Indonesia. ****

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here