Kuliner Mie, Setiap Daerah Punya Khas Berbeda

0
700
Mie Cakalang Manado

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Mie, makanan paling digemari banyak orang. Kuliner dipercaya hadir sejak ribuan tahun lalu dari daratan Tiongkok ini, kini menyebar ke seluruh dunia dengan beraneka bentuk, rasa, jenis dan bahan dasar pembuatannya.

Di Indonesia sendiri, saat ini hampir setiap daerah memiliki olahan mie yang unik dan khas. Olahan-olahan mie ini bahkan telah menjadi ikon kuliner khas dari daerah-daerah tersebut. Keragaman bumbu dan rempah yang dimiliki kuliner nusantara telah menjadikan mie dapat dibuat dengan bermacam variasi yang sangat kaya.

Inilah kuliner mie khas dari berbagai kota di Indonesia, bisa disajikan dengan kuah ataupun kering karena memiliki rasa yang nikmat dan memikat. Di Indonesia, sajian mie diolah dengan varian mie khas nusantara, sehingga muncul beragam kuliner olahan yang disesuaikan dengan cita rasa di daerah yang menggoda selera. Dengan kata lain, masing-masing daerah punya keunikan rasa tersendiri.

Yang pasti, semuanya tetap menunjukkan ciri khas kuliner dalam negeri yang kaya bumbu dan rempah. Dari berbagai jenis mie khas nusantara berikut ini, mana saja yang sudah kamu coba?

01. Mie Aceh

Kenikmatan mie aceh yang legendaris membuat kuliner dari Serambi Mekah ini, bisa dengan mudah kamu temukan di kota-kota lain. Hal utama yang membuat makanan ini begitu dicintai para penggemar mie adalah penggunaan bumbu rempah yang enggak pelit. Terbayang kan betapa nikmatnya menyantap mie lembut bercita rasa pedas, gurih, dan asam sekaligus di mulut? Supaya lebih mantap, mie aceh disajikan dengan daging, ayam, udang, atau kepiting.

02. Mie Belitung

Belum afdol kalau traveling ke Kota Laskar Pelangi tanpa mencicipi lezatnya mi belitung. Seporsi mie belitung berisi mie kuning, potongan kentang, kekian, udang goreng, taoge, timun, dan kuah kaldu udang yang kental. Supaya lebih nikmat, emping selalu hadir sebagai pelengkap makanan ini.

03. Mie Ongklok, Wonosobo

Daerah Dieng, Wonosobo, memang terkenal dengan udaranya yang sejuk dan cukup dingin. Untuk menghangatkan diri saat liburan ke sana, kamu tak boleh melewatkan kesempatan menjajal mi ongklok. Kuliner berisi mie, potongan kol, dan daun kucai dimasak menggunakan saringan tradisional yang terbuat dari bambu. Mie dan sayuran tersebut dicelupkan ke air mendidih dengan menggunakan ongklok. Setelah matang, mie disiram dengan kuah kaldu kental yang gurih. Pelengkap seperti satai sapi, tempe kemul, atau keripik tahu bisa jadi pilihan untuk melengkapi cita rasa mi ongklok agar rasanya jadi lebih istimewa.

04. Mie Kocok, Bandung

Jelajah kuliner memang jadi hal yang wajib dilakukan saat traveling ke Kota Kembang. Sebab, banyak banget makanan enak yang harus kamu coba. Salah satunya ya mie kocok ini. Hati-hati ketagihan saat menikmati seporsi mie kocok hangat berisi mie lembut, potongan kikil kenyal, tauge yang renyah, serta kuah kaldu bening yang hangat gurih. Rasa menu satu ini jadi makin lezat saat diberikan perasan jeruk nipis dan sesendok sambal.

05. Mie Koclok, Cirebon

Mie khas Nusantara dari Cirebon ini memang punya kemiripan nama dengan mi kocok dari Bandung. Tapi, ternyata penyajiannya sungguh berbeda lho. Mi koclok yang berisi mie kuning, suwiran ayam, potongan telur, dan tauge ini disiram dengan menggunakan kuah kental. Kuah tersebut terbuat dari kaldu ayam, santan, dan tepung. Cita rasanya yang gurih dijamin bikin lidah terus bergoyang.

06. Mie Cakalang, Manado

Aroma ikan cakalang yang kuat dijamin bisa menggugah selera kamu. Potongan daging ikan yang gurih serta mie yang kenyal menyatu sempurna di mulut. Rasanya jadi seimbang karena hadirnya pelengkap seperti sawi, potongan daun bawang, dan taburan bawang goreng. Biasanya, makanan ini disantap saat sarapan bersama bubur manado.

07. Mie Celor, Palembang

Mie Celor adalah sajian mi khas Nusantara yang berasal dari Palembang. Berbeda dengan mie yang lain, ukuran mie yang digunakan sebagai bahan dasar mie celor cenderung lebih lebar seperti pasta spaghetti. Kuah istimewa yang dimiliki kuliner satu ini tentu bisa buat kamu ingin menikmatinya lagi dan lagi. Sebab, terbuat dari kaldu udang, telur, dan santan sehingga cita rasa yang dihasilkan lebih gurih dan lezat.

08. Mie Koba, Bangka Belitung

Keistimewaan mie koba terletak pada kuahnya yang terbuat dari ikan tenggiri, gula aren, dan rempah-rempah. Perpaduan rasa gurih dan manis yang pas menambah kenikmatan yang tercipta dari makanan ini. Mie koba disajikan dengan potongan telur. Supaya terasa lebih segar, kamu bisa tambahkan perasan jeruk nipis ke dalam sepiring mi tersebut.

09. Mie Jawa, Yogyakarta

Mie khas Nusantara ini tentunya sudah nggak asing di telingamu. Rasa otentik khas Yogyakarta membuat siapa pun yang pernah mencobanya akan merasa rindu dan ingin lagi menikmatinya. Sebenarnya, penyajian mi jawa masih sama seperti mi pada umumnya. Menggunakan mie, suwiran daging ayam kampung, sayuran, serta telor. Yang membedakan adalah proses pembuatannya yang dimasak di atas arang. Aromanya jadi lebih sedap dan mengundang selera.

10. Mie Lendir, Batam

Kuliner khas Batam ini punya ciri khas berbeda dalam penyajiannya. Jika mie basah pada umumnya disajikan dengan kuah gurih. Yang satu ini justru menggunakan bumbu kacang yang kental. Supaya rasanya lebih nikmat, mie dicampur dengan sayuran, taburan seledri, bawang goreng, potongan cabai, dan telur rebus.

11. Mie Titi, Makassar

Kamu tahu ifumie? masakan dari Cina ini disajikan dengan cara menggoreng mie hingga garing seperti kerupuk lalu disiram dengan campuran kuah kental. Nah, mie titi dari Makassar penyajiannya kurang lebih mirip dengan ifumi. Kuah kental yang digunakan berisi potongan sayuran, bakso, daging, ayam, atau seafood. Bedanya, mie yang digunakan dalam seporsi mie titi ukurannya lebih tipis persis seperti lidi.

12. Mie Lethek, Yogyakarta

Sajian mie khas Nusantara lagi-lagi bisa kamu dapatkan di daerah Yogyakarta. Yang membuat mie ini berbeda dengan yang lain adalah bahan dasar pembuatannya yang terbuat dari tepung tapioka dan singkong. Mengapa disebut lethek? Sebab, proses pembuatan yang menggunakan cara tradisional tanpa menggunakan zat kimia sebagai tambahan membuat adonan memiliki warna yang kecoklatan dan tampak dekil. Jangan terkecoh dengan penampilannya yang kurang menarik. Kamu bakal jatuh cinta saat coba menikmati mei ini.

13. Soto Mie

Ada yang bilang ini adalah kuliner khas Bogor, ada juga yang bilang khas Betawi. Tapi yang jelas soto mie ini memang mudah ditemukan di dua kota tersebut. Mie, bihun, wortel, lobak, kentang, risol, daging, kikil, emping, bawang goreng dan bawang daun bersatu dalam mangkok yang diguyur kuah soto bening yang segar. Biasanya para pemburu kuliner yang tengah berwisata ke kota Bogor menjadikan Soto Mie ini sebagai salah satu destinasinya, karena memang Bogor terkenal dengan banyaknya penjaja soto mie yang lezat.

14. Mie Tiaw Sapi, Pontianak

Bergeser ke Pontianak, ada sajian kuliner khas di kota ini yang juga “diakui” di tingkat nasional, Mie Tiaw Sapi, mie lebar yang diolah dengan daging sapi, babat, tauge dan sayuran. Untuk yang Mie Tiau Goreng awalnya karena berwarna coklat gelap, saya pikir mie tiaw ini akan terasa sangat manis, tapi ternyata dugaan saya salah, rasanya justru cenderung asin. Salah dua penjaja Mie Tiaw ini di ibu kota Kalimantan Barat ini adalah Mie Tiaw Apollo dan Mie Tiaw Polo yang kedainya bersebelahan di Jl. Pattimura. Uniknya di bagian depan Mie Tiaw Apollo tertulis: “Berdiri sejak tahun 1968 tak pernah pindah” sementara kedai sebelah menulis “Mie Tiau Polo Pindahan dari sebelah”.

15. Mie Tarempa

Mie dari Kepualauan Anambas ini, pada dasarnya adalah mie goreng biasa dengan bumbu sederhana bawang putih, kecap, serta cabe. Yang membedakan, kaldu yang dipakai adalah kaldu tongkol, dan daging tongkol sebagai isinya. Apabila Anda berkunjung ke Batam jangan lupa menyoba makanan ini! (*/BBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.