Kuliner Khas Bandung, Sop Buntut Anglo Kian Ngetop

0
705

BANDUNG, test.test.bisniswisata.co.id: Menikmati sajian sop buntut mungkin sudah tidak asing lagi di lidah. Akan tetapi, sop buntut di Bandung memiliki keunikan tersendiri, mulai rasanya yang otentik sampai tampilan yang unik.

Di Skylight Grill and Bar Indo Wisata Permata Bandung, pecinta kuliner bisa menikmati sajian sop buntut yang gurih dan lezat. Tidak itu saja tekstur dagingnya pun begitu empuk, membuat siapa saja akan ketagihan.

Diberi nama Sop Buntut Anglo, ini merupakan menu yang disuguhkan dengan unik. Memanfaatkan anglo yang biasanya masih digunakan untuk menyuguhkan makanan khas di daerah Jawa, Sop Buntut Anglo ini justru memberikan sensasi makan unik.

“Memasak dengan anglo ini mampu memberikan aroma yang berbeda pada masakannya. Untuk itu, Sop Buntut Anglo ini akan terasa berbeda dengan sop buntut lain yang dimasak dipanci biasa,” ujar sang juru masak Skylight Grill and Bar, Taufik Himawan.

Taufik menjelaskan dalam membuat sop buntut anglo atau tungku terbuat dari tanah liat ini, bisa dikatakan mudah, tapi cukup sulit. Alasannya membuat sop buntut tidak hanya harus tepat dalam mengolah daging buntut sapi, juga harus pas saat disandingkan dengan rasa kuahnya.

Nah, untuk menjaga agar rasa kuah dan daging tetap awet, maka menu yang satu ini pun disajikan dalam anglo sehingga baik aroma maupun cita rasa hidangan tetap terjaga. “Kami didihkan kembali sambil disajikan, yang di bagian bawahnya dipanaskan dengan arang,” kata Taufik.

Untuk membuat sop ini, dengan merebus daging buntut selama beberapa jam hingga airnya mendidih. Kemudian buang air hasil rebusan tersebut. Langkah selanjutnya, daging buntut yang sudah direbus ini kembali dipanaskan dan dicampur rempah-rempah, seperti jahe, cengkeh, pala, lada, garam, kecap, dan beberapa bumbu lainnya.

Rebus hingga satu jam setengah. Usai itu, masukan jahe putih utuh ke dalam air rebusan dan daging tersebut agar bau perangus si buntut hilang. Agar rasanya lebih bervariasi, setelah terdapat rasa sedikit asam dan menyegarkan dari jahe, sebelum disantap.

“Bisa menambahkan perasan jeruk lemon, di mana buah ini bisa mengurangi kadar kolesterol dalam daging dan kuah sop buntut. Kami juga menyajikan menu ini dalam porsi yang cukup besar dan bisa dikonsumsi untuk 5 orang,” terangnya. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here