Kudus Siap Cetak Tenaga Perawat Profesional

0
674

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Mengembangkan karier di luar negeri merupakan impian bagi sebagian tenaga kerja Indonesia. Tenaga perawat Indonesia memiliki peluang besar untuk mengembangkan karier di luar negeri, salah satunya di negara Jepang.

Sayangnya tenaga perawat Indonesia terkendala beberapa hal, khususnya faktor bahasa dan fasilitas pendidikan yang belum memadai. Ujian profesi untuk perawat yang diterapkan Jepang sangat ketat. Namun bagi mereka yang berhasil menembus ujian tersebut, penghasilan yg didapat sangatlah menjanjikan.

Melihat itu, Djarum Foundation dengan menggandeng satu institusi perbankan ternama di Jepang, Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC), memberikan dukungan kepada STIKES Cendekia Utama berupa peningkatan fasilitas pendidikan keperawatan dan penyempurnaan kurikulum serta peningkatan kualitas tenaga pendidik.

“Kami ingin kualitas lulusan STIKES Cendekia Utama bisa memiliki kompetensi yang diakui secara internasional. Bersama SMBC. Bantuan yang diberikan berupa Patient Simulator, sarana pembelajaran berbasis komputer, hingga modernisasi peralatan laboratorium,” ujar Program Director Djarum Foundation, Primadi H Serad dalam siaran pers yang diterima Bisniswisata.co.id.

Primadi mengatakan, “Kami juga membuatkan replika rumah Jepang untuk praktik para mahasiswa agar mereka terbiasa jika kelak harus menangani pasien rumahan ketika berada di Jepang”.

STIKES Cendekia Utama merupakan satu perguruan tinggi yang fokus pada bidang kesehatan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.
Kampus yang didirikan pada tahun 2003 ini memiliki orientasi pada kebutuhan masa depan dengan menghasilkan tenaga kesehatan profesional yang siap menjawab kebutuhan tenaga kesehatan di dalam negeri maupun luar negeri.

Untuk mencapai tujuan tersebut, perbaikan tata kelola, peningkatan mutu dan daya saing yang berkelanjutan harus terus dilakukan.
Dari 720 mahasiswa yang menempuh pendidikan di sini, 500 siswa merupakan mahasiswa jurusan keperawatan. Sisanya mengambil jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Farmasi.

Khusus untuk jurusan keperawatan, STIKES Cendekia Utama mampu menghasilkan 100 perawat profesional setiap tahunnya yang telah bekerja di berbagai rumah sakit di Indonesia maupun manca negara. Jepang merupakan salah satu negara yang menjadi tujuan lulusan keperawatan dalam membangun karir.

Untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia, Djarum Foundation dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC) juga mengirimkan dua tenaga pendidik STIKES Cendekia Utama ke Jepang, untuk mempelajari kurikulum sekolah keperawatan di Jepang dan mengunjungi beberapa rumah sakit guna melihat bagaimana perawat di Jepang bekerja.

Dalam upaya memperbaiki kemampuan berbahasa Jepang, Djarum Foundation menjembatani kerjasama antara Cendekia Utama dengan Program Studi Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro.

Melalui kerjasama inilah para calon perawat di STIKES Cendekia Utama yang ingin bekerja di Jepang akan memperoleh pelatihan Bahasa Jepang secara intensif.

Bersamaan dengan diresmikannya bantuan Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC) dan Djarum Foundation kepada STIKES Cendekia Utama pada Selasa (8/9/15) lalu, SMBC juga melakukan penyerahan bantuan kepada Program Studi Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro berupa buku literatur sebagai fasilitas penunjang pendidikan bahasa Jepang.

Sementara Djarum Foundation memberikan bantuan berupa Laboratorium Bahasa Jepang kepada institusi ini.

“STIKES Cendekia Utama dan Universitas Diponegoro adalah dua institusi terkemuka di Indonesia penghasil tenaga professional yang akan turut mendukung dan memimpin pertumbuhan pembangunan ekonomi dan sosial di Indonesia,”  tambah Shosuke Mori, Managing Director, Head of Asia Pacific Division and Emerging Markets Business Division SMBC.

Kesempatan ini menurutnya merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi SMBC untuk dapat berkontribusi membawa semakin banyak kesempatan untuk mahasiswa, menambah, dan mengembangkan keterampilan mereka secara berkesinambungan.

Diharapkan STIKES Cendekia Utama mampu menghasilkan lebih banyak perawat profesional yang memiliki kualifikasi tinggi dan sanggup bersaing di tingkat internasional. (evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.