Kuala Namu – Sabang, Tonggak Baru Garuda Indonesia

0
2821


MEDAN, BISNISWISATA.CO.ID:
– PT Garuda Indonesia Tbk, secara resmi melayani rute penerbangan baru Kuala Namu – Sabang menggunakan pesawat ATR 72-600 yang dapat membawa 70 penumpang. penerbangan baru ini dapat menjadi tonggak baru bagi Indonesia, karena saat ini wilayah paling barat Indonesia ini sudah terhubung melalui jaringan penerbangan Garuda Indonesia.

“Rute baru Kuala Namu-Sabang ini merupakan bagian dari komitmen Garuda Indonesia untuk terus memperkuat jaringan penerbangannya di domestik, khususnya memperkuat konektivitas jaringan penerbangan di wilayah barat Indonesia,” tutur Direktur Utama Garuda Indonesia, M Arif Wibowo, saat di sela peresmian penerbangan perdana ini, di bandara Kuala Namu, Medan, Jumat (6/2/2015).

M Arif menambahkan, selain itu penerbangan perdana ini merupakan bentuk dukungan Garuda Indonesia untuk terus mendukung perkembangan industri pariwisata dan ekonomi nasional-khususnya Aceh, melalui pengembangan konektivitas jaringan penerbangan.

“Penerbangan ini akan dilayani dengan GA 7112 berangkat dari Medan pukul 08.50 WIB dan tiba di Sabang pukul 10.10 WIB dan akan berangkat lagi dari Sabang dengan GA 7113 pukul 10.40 dan akan tiba di Kuala Namu pukul 12.10 WIB. “Untuk sementara ini akan dilayani seminggu 3 kali, yakni Rabu, Jumat dan Minggu,” paparnya.

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, diharapkan penerbangan baru ini dapat membantu pertumbuhan ekonomi yang merata dan juga dapat membuka akses ke remote area yang berpotensi menjadi daerah ekonomi baru.

“Tidak hanya itu, harapan kami juga dapat meningkatkan arus jumlah kedatangan wisatawan ke Sabang dan daerah remote lainnya. Apalagi pada 2015, ada peningkatan target jumlah wisatawan menjadi 20 jutan,” tuturnya.

Pendapat yang sama juga di sampaikan Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pudjo Nugroho. Menurut dia, penerbangan ini semakin membuka kesempatan pada siapa pun tak terkecuali warga Sumut untuk menjelajahi destinasi wisata di Sumut dan Sabang. “Harapan kami, penerbangan perdana ini nantinya akan memicu dan memacu potensi kepariwisataan di sumut dan aceh,” tuturnya.

Sebelum membuka rute ini, pada tanggal 2 Februari dan 4 Februari sudah membuka rute dari Kuala Namu-Meulaboh dan Kuala Namu-Lhokseumawe. Sedangkan pada akhir 2014 membuka rute di kota-kota di Kalimantan dan Maluku.

Dengan rute baru ini, lanjut M Arif, maka setiap minggunya Garuda telah mengoperasikan 32 penerbangan dari dan ke Aceh yang meliputi Jakarta-Banda Aceh 14 kali seminggu, Medan-Banda Aceh 7 kali seminggu dan dan masing-masing Kuala Namu – Meulaboh 4 kali dan Kuala Namu Lhokseumawe 3 kali seminggu. ****

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.