Krisis Menghantui, Turis Tetap Banjiri Yunani

0
4393
Santorini Yunani

ATHENA, test.test.bisniswisata.co.id: KUNJUNGAN wisatawan dari penjuru dunia masih tetap membanjiri Yunani, meski negara ini mengalami krisis ekonomi yang mengejutkan. Para pelancong mengenal Yunani sebagai salah satu negara yang menjadi detinasi wisata utama lewat situs-situs bersejarah, lautnya yang berkilau, dan restoran-restoran yang cantik dan teduh.

Memang kondisi Yunanui saat ini dibayang-bayangi polisi anti-huru-hara yang selalu siaga berjaga, bank-bank yang tutup dan antrean di ATM. Gambaran ini menjadi realitas yang dihadapi sektor pariwisata Yunani, di saat musim liburan di tujuan wisata populer itu terancam krisis keuangan yang parah.

Sampai sekarang, kafe-kafe dan restoran luar ruangan yang cantik dekat Akropolis masih disesaki turis, namun mengingat publisitas buruk dalam seminggu terakhir, banyak pemilik bisnis yang mengatakan mereka mulai menerima pembatalan dan penurunan jumlah reservasi.

“Pemesanan kami turun 20 sampai 30 persen,” ujar Edward Fisher, yang memiliki dan mengoperasikan tempat menginap Athens Backpackers dan Athens Studios, dengan lokasi prima dekat Akropolis yang menyasar anak-anak muda berkantong terbatas.

Dirinya menyalahkan media global atas perlambatan bisnis, dan mengatakan bahwa ia yakin itu hanyalah “gangguan sementara” karena daya tarik Yunani yang tak lekang waktu.

“Ada sesuatu yang mistis tentang Yunani,” ujar warga Australia yang memulai usahanya 12 tahun yang lalu. “Tempat ini menggelitik rasa yang berbeda. Jadi kami tidak panik. Tapi saya ingin menghindari krisis kemanusiaan di sini.” paparnya seperti dilansir AP dan VOA, Kamis (09/07/2015).

Pariwisata dan dana asing yang didatangkannya vital bagi pemulihan Yunani dari lilitan utang. Dewan Perjalanan dan Pariwisata Dunia, mengatakan, kontribusi langsung pariwisata untuk ekonomi Yunani lebih dari US$32 miliar tahun 2014, atau lebih dari 17 persen PDB negara itu.

Para pengunjung Akropolis dan sekitarnya sepakat, mereka menikmati liburan normal tanpa gangguan selama berada di Yunani.
“Saya melihat beberapa antrean di ATM tapi bukan antrean yang super panjang,” ujar Luciane Souza, pengacara asal Brazil yang baru pertama kali berkunjung ke Yunani. “Saya suka tempat ini. Untuk bersenang-senang, tidak ada masalah.” (marcapada2015@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.