Kota Muntok Jadi Destinasi Kota Dunia

0
884
Mercu suar Tanjung Kelian Muntok

PANGKALPINANG, test.test.bisniswisata.co.id: Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menjadikan Kota Muntok Kabupaten Bangka Barat menjadikan destinasi wisata kota tua dunia, karena memiliki nilai sejarah yang tinggi.

“Selama ini alasan wisatawan asing datang ke Muntok, hanya untuk melihat langsung kota tua, artinya wisata sejarah di daerah ini sudah dikenal masyarakat dunia,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, K.A Tajuddin di Pangkalpinang, Senin (21/09/2015).

Saat ini, ada ratusan gedung tua peninggalan penjajahan Belanda masih berdiri kokoh di sepanjang pantai dan perbukitan Muntok. “Dua di antara ratusan gedung tua yang masih kokoh berdiri itu, yaitu Pesanggrahan Menumbing dan Wisma Ranggam. Gedung tersebut pernah dijadikan tempat pengasingan Bung Karno bersama Bung Hatta dan sejumlah pemimpin pendiri bangsa ini,” katanya.

Selain itu, wisatawan dapat menikmati kemegahan bangunan tua yang masih kokoh, seperti mercu suar Tanjung Kelian. Daru puncak Mercusaru peninggalan Belanda, pengunjung bisa menyaksikan keindahan alam dan pantai di kawasan ini. “Beberapa waktu lalu, anggota Parlemen Belanda secara khusus datang ke Muntok untuk melihat peninggalan sejarah dan kota tua di Muntok. Ini artinya kota tua Muntok sudah dikenal oleh masyarakat dunia,” ujarnya.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Babel terus mempromosi kota tua, wisata sejarah daerah lainnya, pantai, bahari, alam, budaya dan kuliner khas daerah ini.”Kegiatan promosi potensi wisata ini tentu akan berdampak positif terhadap perkembangan wisata dan perekonomian masyarakat,” ujarnya seperti dilansir laman Antaranews. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.