Komunitas Seni dan Fotografi Kini Miliki Tempat Ngopi Representatif

0
426
Para fotografer partner Monogram Asia termasuk Michael Kenna, Bellamy Hunt dan Gathot Subroto berfoto bersama di acara Soft Opening Monogram Asia Space Jakarta.

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Sukses mendukung komunitas seni dan fotografi di kota Singapura, Kuala Lumpur, Bangkok dan Hong Kong, kini Monogram Asia hadir di Jakarta dengan menyajikan Tempat Ngopi berlebel Monogram Asia Space Jakarta, dipersembahkan Khusus bagi komunitas Pecinta Fotografi, Travelling dan Seni untuk mengembangkan diri, mencari inspirasi, menjalin persahabatan.

Selain itu, dengan slogan “Photography, Travel & Coffee”, menawarkan program-program workshop menarik, paket wisata unik, dalam sebuah tempat ngopi yang asyik sekaligus representatif. Tempat ngopi ini, mengintegrasikan kafe, toko buku, toko kamera, counter agen wisata dan galeri.

“Jadi kami menawarkan pengalaman baru bagi pecinta fotografi, travelling dan fine art dari semua genre, format, kelompok usia dan keahlian untuk bertemu, membaca, belajar dan berbagi pengalaman dengan ditemani secangkir kopi nikmat,” ungkap Saad Husein, Creative Director Monogram Asia disela-sela Soft Opening Monogram Asia Space Jakarta, Sabtu (18/11/2017).

Saad menceritakan pendirian Monogram Asia dilatar belakangi kegelisahan ketika melihat ekosistem fotografi Asia, khususnya Asia Tenggara yang masih jauh tertinggal ketika dibandingkan dengan ekosistem fotografi benua barat seperti Eropa dan Amerika.

Padahal, lanjut dia, Asia memiliki banyak sekali potensi dibuktikan oleh banyaknya fotografer dengan hasil karya / portfolio yang menawan. Bersama dengan partner lokal, yang juga merupakan fotografer dan pecinta seni, Monogram Asia akhirnya mendirikan space pertama mereka di Asia, Monogram Asia Space Jakarta.

Karena itu, melalui Monogram Asia Space Jakarta, ingin mengangkat fotografi Asia dari bermacam genre, tingkatan, kategori secara holistik/menyeluruh. “Kita berharap space ini, kita ingin menyebutnya sebagai “ruang bertemu” dapat menjadi destinasi utama bagi siapapun yang memiliki kecintaan terhadap fotografi untuk berbagi ide kreatif, pengalaman, cerita wisata dan juga foto itu sendiri.”

Dilanjutkan, Monogram Asia juga berkomitmen menjadi platform yang mampu mempromosikan fotografer bertalenta ke demografis yang lebih besar tidak hanya di Asia tapi juga di seluruh dunia. Melalui kehadiran Monogram Asia Space Jakarta, diharapkan dapat menciptakan peluang kolaborasi, kerjasama juga pekerjaan bagi para fotografi melalui platform terutama di bidang wisata fotografi, pemasaran berbasis acara maupun area publikasi.

Berlokasi di jantung kota Jakarta Selatan, tepatnya kawasan Blok M, Monogram Asia Space Jakarta dirancang khusus untuk menunjang passion di bidang fotografi. Pengunjung dapat melihat seleksi buku fotografi hasil karya fotografer terbaik dunia di bagian Pustaka Buku, dan berbagai macam pilihan kamera terlangka dan terantik, juga aksesoris kamera terbaik di kelasnya di kios Drew & Barry.

Di bagian bawah terdapat counter travel yang menawarkan buku dan referensi untuk rencana wisata fotografi. Sementara itu, di bagian kafe dan gallery pengunjung dapat melihat display karya fotografi terbaik sembari menikmati secangkir kopi. Tak lupa juga outdoor cafe area dimana para pengunjung bisa bertemu santai dengan para pecinta fotografi, berbagi cerita mengenai petualangan fotografi.

Juga menghadirkan specialty coffee yang diracik untuk menggerakkan ide-ide kreatif dari para tamu yang akan datang ke Monogram Asia. Bekerja sama dengan Kanawa Coffee & Munch, setiap kopi diracik secara spesifik dari sumbernya sampai ke cangkir melalui distributor biji kopi yang socially responsible, proses pre-roasting yang diproses secara spesifik dan diawasi secara mendalam, dan proses roasting dan penyeduhan yang dilakukan dengan mesin kopi terbaik di kelasnya.

Billy Jayadi, Creative Director Monogram Asia Jakarta menambahkan bukan sekadar sebuah tempat ngopi baru, sengaja dirancang space ini untuk memberikan 360 photography experiences yang holistik melalui pengenalan bermacam acara fotografi, fotografer dan tren baru yang terinspirasi dari ekosistem fotografi di belahan dunia berbeda.

“Kami berharap bahwa Monogram Asia Space Jakarta dapat memberikan inspirasi dan memotivasi para pengunjung untuk memotret lebih banyak, dan juga membagi lebih banyak lagi. Monogram Asia Space Jakarta juga berkolaborasi dengan para fotografer ternama Indonesia untuk menciptakan program-program menarik,” tambahnya.

Saat ini, tambah dia, Monogram Asia telah bekerja sama Gathot Subroto, salah satu fotografer street tanah air merupakan ambassador untuk Fujifilm untuk mewakili Indonesia di konferensi street photography International “8×8 Street Photography Workshop” yang diadakan di Bangkok tahun 2017.

Tahun 2018, Jakarta menjadi tuan rumah. “Monogram Asia kembali bekerja sama dengan Pak Gathot Subroto untuk menjadi ambassador untuk program 8×8 2018 yang akan diselenggarakan di Jakarta pada bulan april 2018 beserta fotografer terbaik Indonesia seperti Safir Makki dan Tompi,” jelasnya.

Ke depannya, dua komunitas fotografi lokal yang akan menjadi partner Monogram Asia adalah Maklum Foto dan iPhonesia. Secara International, melihat pesatnya pertumbuhan mobile photography di Indonesia, kami juga sedang merancang sebuah event mobile photography berskala international dengan Mobiography, organisasi Mobile Photography global ternama yang berbasis di UK, tutup Billy. (NDIK)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.