Komunitas Sadar Wisata Terbentuk di Minahasa Tenggara

0
940
Hasil kelompok sadar wisata minahasa selatan

RATAHAN, test.test.bisniswisata.co.id: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), bener-benar menggarap serius pariwisata. Karena itu, membentuk kelompok sadar wisata dalam pengelolaan objek wisata di daerah tersebut.

“Kita akan segera bentuk. Pertama, kita akan bentuk di desa-desa pesisir pantai yang ada di tiga kecamatan, yakni Ratatotok, Belang, dan Posumaen,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Minahasa Tenggara, Robby Sumual, di Ratahan, Minggu (7/6).

Robby mengakui potensi objek pariwisata di Minahasa Tenggara, khususnya di pesisir pantai sangat besar, sehingga perlu ada kelompok yang mengelola. “Dengan adanya kelompok sadar wisata ini, nantinya objek-objek wisata dapat dikelola secara baik, termasuk dengan menjaga kelestarian alam di sekitar objek-objek wisata,” tuturnya seperti dilansir laman Antara.

Robby mengemukakan, anggota kelompok ini akan diambil dari masyarakat di desa setempat, yang terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan kalangan lain, khususnya yang peduli dengan pariwisata dan lingkungan. “Jadi masyarakat akan diberdayakan untuk pengelolaan objek wisata ini, dengan didukung pemerintah di masing-masing desa,” katanya.

Nantinya kelompok sadar wisata ini akan memprogramkan berbagai kegiatan, yang akan didukung oleh APBD dan dana dari APBN. “Program ini sejalan dengan program pemerintah pusat dalam hal pemberdayaan masyarakat pesisir. Makanya, ada topangan anggaran lewat APBN,” ujarnya.

Menurut Robby, adanya kelompok yang mengelola objek wisata ini akan lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. “Apalagi ini mampu mendorong pergerakan ekonomi kerakyatan di masing-masing desa, dengan meningkatnya tingkat kunjungan para wisatawan di Minahasa Tenggara,” ujarnya. @@@

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.