KNKT Periksa Pesawat Citilink Tergelincir di Padang

0
1330
Evakuasi Citilink yang tergelincir di Padang. (Foto: Antara)

PADANG, test.test.bisniswisata.co.id: Direksi maskapai Citilink Indonesia, Selasa (4/8) menyaksikan langsung tim Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang memulai pemeriksaan terhadap pesawat Citilink yang tergelincir di landas pacu Bandara Internasional Minangkabau, Padang, Minggu (2/8).

President & CEO Citilink Albert Burhan didampingi Direktur Operasional Hadinoto Soedigno dan VP Flight Operation Capt. Fattahullah di Padang, Selasa, ikut menyaksikan tim KNKT yang akan bekerja seharian guna memastikan penyebab insiden tergelincirnya pesawat jenis A320 tersebut.

Dilaporkan, pemeriksaan yang dilakukan meliputi beberapa tahapan mulai dari preliminary safety investigation, proses dan pengolahan data, analisa, hingga kesimpulan ataupun rekomendasi. “Jadi, saat ini akan diawali dengan pengumpulan data dulu,” kata Albert.

Kegiatan hari ini, sambung dia, akan berfokus pada pemeriksaan laporan atau catatan kondisi cuaca, pengecekan fisik pesawat hingga pemeriksaan flight data recording (FDR) dan cockpit voice recording (CVR).

Tim KNKT sendiri seperti biasa meminta laporan cuaca BMKG, kronologis serta kondisi peristiwa tergelincirnya pesawat di saat kondisi hujan lebat. Penanganan evakuasi yang dilakukan terhadap penumpang, transkrip rekaman komunikasi dari menara ATC hingga pengumpulan tekaman CCTV dan berbagai foto dokumentasi tentang kejadian tersebut.

Langkah selanjutnya adalah pemeriksan yang lebih detail oleh tim KNKT yang akan dilakukan di Jakarta dan Padang. “Mengenai penyebab, kami tidak berspekulasi dulu sebelum ada hasil penyelidikan resmi,” tambah Albert seperti dilansir laman Sinarharapan.co, Selasa (4/8/2015).

Direksi Citilink juga mengikuti rapat gabungan dengan pihak otoritas bandara dan tim KNKT yang dipimpin Capt. Chairuddin guna memastikan pelaksanaan pemeriksaan. Tim Garuda Maintenance Facility (GMF) dan tim teknik Citilink juga bergabung guna mempercepat pemeriksaan pesawat.

Kepala Otoritas Bandara Minangkabau Kolonel (Penerbang) Nailul Humam memimpin koordinasi yang dihadiri juga Kepala KNKT Masruri dan ketua tim dari GMF, Sadeli.

Senin (3/8) malam, direksi Citilink juga sudah bertemu dengan tim teknisi Citilink dan GMF, perusahaan asuransi Jasindo dan perusahan reasuransi Marsh dari Singapura, untuk mendapatkan gambaran awal dari kondisi tersebut.

Pesawat Citilink Indonesia QG 970 rute penerbangan Cengkareng – Padang mengalami overrun saat mendarat pada Minggu, sekitar pukul 19.27 WIB. Pesawat Airbus A320 yang membawa total 178 penumpang dan enam kru itu berhasil ditarik pada Senin pagi. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.