Kini Berwisata ke Kepulauan Seribu Cuma Rp 15 Ribu

0
891
Jembatan Cinta Pulau Tidung (Foto: http://www.ruditidung.com)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: MENTERI Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan bersama Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meresmikan pengoperasian Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 46. Kapal Perintis ini, dioperasikan PT Pelni memiliki daya tampung 114 penumpang, dan akan melayani rute Sunda Kelapa-Pulau Untung Jawa-Pulau Pramuka-Pulau Tidung pulang pergi.

“Daya muat normal 114 penumpang tambah 100 ton barang, kalau barang nggak ada 100 ton kita toleransi penumpang sampai 225 lah. Jadi kini traveler yang ingin liburan ke Pulau Seribu semakin dimudahkan. Traveler cukup bayar Rp 15 ribu sekali jalan.,” papar Menhub Ignasius Jonan di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Kamis (28/1).

Jonan melanjutkan, pemerintah pusat juga memberikan subsidi Rp 5,9 miliar. Dana itu dari anggaran Public Service Obligation (PSO) Kemenhub dari DIPA pada Satuan Kerja Sunda Kelapa, Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub. “Kami mempersilahkan apabila Pemprov DKI Jakarta jika berkenan mengambil alih. Dan kami akan memberikan satu buah kapal lagi pada November mendatang,” lontarnya.

Terkait pengoperasian yang dilakukan PT Pelni, Jonan menyebut, pengoperasian kapal penumpang negara akan dioperasikan PT Pelni. “Kita lihat dua tahun bisa nggak Pelni, kalau bisa, lanjutkan. Supaya kualitas pelayanan perintis dari Sabang sampai Merauke,” katanya

Kapal tersebut melayani rute Sunda Kelapa-Kepuluauan Seribu PP ditempuh dalam waktu 8 jam, yaitu 4 jam berangkat dan 4 jam pulang. Selain itu, KM Sabuk 46 memiliki kapasitas 114 penumpang dan 100 ton barang. Tapi, apabila tak mengangkut barang, maka KM Sabuk Nusantara 46 mampu mengangkut 225 orang. “Nah, makanya kita sediakan life vest (rompi pelampung) ada 225. Tolong jangan diisi lebih dari itu. Saya nggak mau kapal ini jadi kapal nggak aman,” kata Jonan.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menambahkan, kapal itu akan beroperasi setiap hari mulai pukul 07.00 dari Pelabuhan Sunda Kelapa menuju 3 pulau di Kepulauan Seribu.

“Sampaikan ke masyarakat Jakarta yang mau ke Pulau Seribu, sekarang ada kapal yang langsung ke Pulau seribu. Rutenya, Untung Jawa-Tidung-Kelapa,” kata pria yang beken dipanggil Ahok itu.

Diakuinya, wisatawan hanya perlu membayar Rp 15.000 per orang sekali jalan ke Pulau Seribu. Rinciannya ongkos tiket Rp 12.000 per orang ditambah biaya asuransi Rp 3000. JJadi total sekitar Rp 15.000 sekali jalan. Mau turun di pulau mana pun Rp 15.000. Rp 15.000 mahal atau murah,” lontarnya. (endy)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.