Kereta Api Mampu Hindarkan Wisatawan dari Kemacetan

0
445

BANDUNG, bisniswisata.co.id: Kemacetan lalu lintas di daerah tujuan wisata di Jawa Barat, terutama kawasan Bandung kian parah. Tak ada jalan baru, kunjungan wisatawan dengan kendaraan roda empat semakin melimpah, aktifitas warga semakin gairah sehingga berdampak pada kemacetan yang kian menjengkelkan.

Untungnya, keberadaan kereta api bagi dunia wisata Jawa Barat memiliki nilai yang sangat strategis. Sebab dengan kemacetan yang terjadi di berbagai daerah, kereta api merupakan solusi terbaik bagi para wisatawan yang berniat mengunjungi Jawa Barat.

Wakil Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jawa Barat, Maktal Hadiyat mengatakan wisatawan yang turun di Bandara Soekarno Hatta, dengan kemacetan parah yang kerap terjadi di daerah ibukota, wisatawan sudah mulai beralih menggunakan kereta api dibandingkan bus wisata.

“Penggunaan kereta api mampu menghindarkan wisatawan dari rasa lelah akibat kemacetan dan mereka enjoy mengunjungi wilayah Jabar, Itulah yang terpenting,” kata Maktal di Bandung, seperti dilansir laman Antara, Senin (02/01/2017).

Disisi lain, kata Maktal, alternatif tersebut berdampak negatif pada jalur wisata tradisional Jabar, yakni puncak. “Dengan menggunakan kereta api puncak jadi harus di skip. Selain itu juga menambah biaya,”ujarnya.

Menurutnya, penggunaan kereta api juga dilakukan saat menuju ke provinsi lain setelah para wisatawan tersebut mengunjungi Jabar. Penggunaan moda tersebut mendapat respon positif dari para wisatawan.

Maktal berharap PT Kereta Api Indonesia mengaktifkan kembali jalur selatan untuk menghidupkan wisata di Jabar selatan.

“Tentunya akan sangat positif apabila kereta api ke jalur selatan juga diaktifkan atau dibuka kembali. Langkah itu akan lebih menghidupkan sektor wisata di daerah selatan Jabar,” pungkasnya. (*/ANO)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.