Kenali Kain Songket Buatan Tangan & Mesin Print

0
2864
Pengrajin Songket buatan tangan


PALEMBANG, test.test.bisniswisata.co.id:
Bagi pecinta tenun songket asli Palembang, tahukah Anda bagaimana cara membedakan songket buatan tangan asli dengan songket buatan mesin jahit atau songket print?

Mudah saja! Pertama, untuk mengetahui apakah songket milik Anda buatan tangan asli yaitu dengan memegangnya. Jika bahannya kaku, maka itu adalah songket buatan mesin. Songket tenun buatan tangan asli tentu sangat ringan, halus dan lentur. Songket asli dibuat dengan bahan dasar sutra.

Kedua, lihatlah jahitannya. Songket buatan tangan juga memiliki ciri yaitu benang-benangnya timbul. Namun, jika Anda memiliki kain songket dengan benang-benang yang timbul, jangan terlalu yakin bahwa itu adalah songket asli. Pastikan dengan melihat bahannya, lentur atau tidak. Jika kasar, berat dan kaku, tentu itu songket buatan mesin jahit.

Kain songket print tentu lebih mudah untuk diketahui, karena merupakan hasil cetakan tentu tidak ada satupun benang yang timbul.

Sebenarnya, tidak ada masalah jika Anda memiliki kain songket asli ataupun print dan songket buatan tangan. Jika merasa kain songket asli terlalu mahal, dua jenis songket lainnya itulah yang bisa menjadi pilihan. Namun, tidak ada salahnya untuk menabung dan membeli kain songket hasil tenunan asli orang Indonesia yang dibuat dengan begitu susah payah, bukan?

Sekedar informasi, jika memiliki songket asli, jangan pernah mencucinya karena bisa menyebabkan benang-benang pada kain tersebut lepas atau sobek. Cara terbaik untuk menjaga kain songket asli yaitu dengan menganginkannya saja. Jika terkena kotor, cukup dibersihkan dengan tisu basah lalu dianginkan agar segera kering. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here